Perang Harga Mobil Listrik, Geely Panda Mini Dragon Edition Meluncur -->

Iklan Atas

Perang Harga Mobil Listrik, Geely Panda Mini Dragon Edition Meluncur

Kamis, 07 Maret 2024

Geely Panda Mini Dragon Edition


Jakarta - Persaingan harga mobil di China masih berlangsung sengit. Para produsen mobil memberikan diskon besar-besaran atau bahkan meluncurkan model baru dengan harga lebih terjangkau.


Yang terbaru, produsen mobil asal China, Geely, baru saja meluncurkan mobil listrik Panda Mini Dragon Edition pada 1 Maret 2024. Mobil ini dijual dengan harga sekitar 39.900 yuan (setara dengan 5.500 USD atau sekitar Rp80 jutaan). Harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan versi sebelumnya yang dijual dengan harga tertinggi sekitar 56.900 yuan (setara dengan 8.200 USD atau hampir Rp130 juta).


"Ini merupakan kali pertama sebuah mobil listrik dengan jangkauan 200 kilometer diperkenalkan dengan harga sekitar 30.000 yuan. Penetapan harga ini menunjukkan adanya persaingan harga mobil listrik yang sedang berlangsung di China," laporan dari Car News China, Rabu (6/3/2024).


Geely Panda Mini memiliki desain kotak dengan dimensi yang kompak, dengan panjang 3.065 mm, lebar 1.522 mm, dan tinggi 1.600 mm, serta wheelbase sepanjang 2.015 mm.


Bagian depan Panda Mini dilengkapi dengan gril yang sempit dengan strip dekoratif di sepanjang tepinya, dilengkapi dengan lampu depan berbentuk bulat. Mobil ini juga memiliki roda yang dirancang secara aerodinamis untuk mengurangi hambatan angin. Di bagian belakang, desainnya menggunakan pendekatan minimalis dengan rakitan lampu belakang poligonal dan area pelat nomor berbentuk trapesium.


Interior Geely Panda Mini menampilkan desain asimetris yang cukup unik. Area kendali pusat lebih dekat ke sisi penumpang, sementara roda kemudi memiliki desain palang ganda. Konsol tengah dilengkapi dengan layar sentuh mengambang. Untuk pertimbangan posisi dan biaya, dasbor dan panel pintu sebagian besar terbuat dari bahan keras.


Dari segi fitur, Panda Mini dilengkapi dengan hill-start assist, sistem power steering elektrik EPS, sistem pengereman anti-lock ABS, sistem distribusi gaya rem EBD, airbag samping pengemudi, antarmuka kursi pengaman anak, pemantauan tekanan ban, dan fitur lainnya.


Panda Mini Dragon Edition didukung oleh motor listrik penggerak roda belakang sebesar 30 kW dengan baterai lithium iron phosphate 17 kWh. Mobil ini memiliki jangkauan sekitar 200 kilometer dalam kondisi pengujian CLTC dan mendukung pengisian cepat hingga 22 kW. Dalam suhu 25°C, pengisian daya dari 30% hingga 80% hanya membutuhkan waktu setengah jam, sementara pengisian penuh dapat dicapai dalam waktu 68 menit. Mobil ini juga mendukung pengisian daya di rumah secara reguler, memberikan opsi pengisian daya yang nyaman bagi pengguna.(BY)