Perdana MAN 3 Padang Panjang Gelar Wisuda Tahfiz -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Perdana MAN 3 Padang Panjang Gelar Wisuda Tahfiz

Kamis, 07 Maret 2024

 

Salah seorang siswi MAN 3 Padang Panjang menerima sertifikat hafiz Alquran.


Padang Panjang, fajarsumbar.com -Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Padang Panjang menggelar wisuda tahfiz dan perpisahan siswa Kelas XII, Rabu (6/3) di halaman madrasah tersebut. 


Wisuda itu sangat istimewa, karena pertama kali diadakan sejak madrasah itu berdiri 27 tahun lalu.


"Di sekolah atau madrasah lain, wisuda tahfiz sudah menjadi hal biasa. Namun di MAN 3 terasa sangat istimewa, karena inilah kali pertama kita mengadakan wisuda tahfiz. Insyaallah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin ke depannya," kata Kepala MAN 3, Julpiadi Hutabarat, M.Pd.


Ia menyebutkan, wisuda itu khusus untuk siswa kelas XII. Mereka yang bisa mengikuti wisuda terlebih dahulu harus menjalani program mukhayyam dan kompre hafalan.


Dari 95 siswa Kelas XII yang lulus  mengikuti wisuda tahfiz 78 orang. Dengan rincian dua orang hafiz 5 Juz, satu orang hafiz 4 Juz, satu orang hafiz 3 juz, 25 orang hafiz 2 Juz dan sisanya 49 orang hafiz 1 juz.


Masing-masing peserta diberikan sertifikat, sementara tiga peserta terbaik diberikan reward berupa uang tunai. 


"Semoga pada wisuda berikutnya jumlah hafalan anak-anak kita lebih banyak lagi. Bagi anak-anak yang saat ini wisuda, jaga dan tambah hafalan hingga mencapai 30 juz," pesannya.


Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Nofiyanti, SSTP, M.M mengapresiasi MAN 3 yang mengadakan perpisahan berbarengan dengan wisuda tahfiz, bukan dengan pesta pora. Ia berharap program tahfiz  berkelanjutan dan diiringi dengan peningkatan kualitas. 


Apresiasi yang sama juga diberikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag), Drs. H. Alizar. Ia berharap program tahfiz yang dilengkapi dengan wisuda  terus dikembangkan. 


Sehingga ke depan para siswa memiliki hafalan lebih banyak.


Pada kesempatan itu, pihak madrasah memberikan penghargaan kepada 11 siswa yang telah mengharumkan nama MAN 3 dalam berbagai bidang. (syam)