Permasalahan Umum Motor, Mengapa Tidak Bisa Distarter saat Lampu Menyala? -->

Iklan Atas

Permasalahan Umum Motor, Mengapa Tidak Bisa Distarter saat Lampu Menyala?

Selasa, 26 Maret 2024

Ilustrasi penyebab motor tidak bisa distarter


Fajarsumbar.id - Motor modern menggunakan starter listrik untuk mempermudah penggunanya. Namun, kadang-kadang muncul masalah ketika motor tidak bisa distarter, dan pengguna harus menggunakan kick starter atau engkol.


Berikut adalah penyebab motor tidak bisa distarter meskipun lampu menyala dan cara mengatasinya:


Masalah pada Kabel dan Soket

Sistem kelistrikan dan starter elektrik motor melibatkan banyak kabel dan soket. Pemasangan kabel harus dilakukan dengan benar agar arus listrik dapat mengalir dengan lancar. Namun, getaran atau gigitan tikus bisa menyebabkan masalah pada kabel dan soket. Kabel mungkin putus, menghentikan aliran listrik secara tiba-tiba. Bahaya lainnya adalah jika terjadi konsleting, yang bisa merusak komponen lain seperti lampu. Jika masalahnya pada kabel, maka solusinya adalah memperbaiki kabel, bukan mengganti aki.


Starter Elektrik yang Kotor

Motor sulit distarter meskipun menggunakan aki baru juga bisa disebabkan oleh starter elektrik yang kotor. Tombol starter sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya, sehingga kerak mudah terbentuk pada bagian tersebut. Ketika starter terhalang oleh kotoran, alat tidak akan berfungsi dengan baik untuk menyalakan mesin. Tidak akan ada arus listrik yang mengalir dari starter elektrik, sehingga membuat mesin tidak menyala.


Masalah pada Dinamo Starter

Jika membersihkan starter tetapi motor masih tidak menyala, maka masalah bisa berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi untuk memutar gigi flywheel agar mesin dapat dinyalakan. Meskipun kerusakan pada dinamo starter jarang terjadi, namun bisa disebabkan oleh arang kumparan atau brush yang rusak.


Berikut adalah cara mengatasinya:


Periksa Bagian Starter

Periksa rangkaian starter, terutama soket-soket dan tombol starter yang mungkin kotor. Pemeriksaan ini penting terutama saat musim hujan karena bagian-bagian tersebut rentan terkena kotoran.


Periksa Saklar Starter pada Tuas Rem

Periksa saklar starter pada tuas rem. Saklar ini penting karena menghubungkan tombol starter dengan rem. Jika terdapat kotoran pada saklar, bersihkan dengan cairan pembersih khusus dan cotton bud yang dibasahi bensin.(BY)