Polres Pasaman Barat Gencar Lakukan Razia Kendaraan Selama Ramadhan -->

Iklan Atas

Polres Pasaman Barat Gencar Lakukan Razia Kendaraan Selama Ramadhan

Senin, 18 Maret 2024

 

Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat saat melakukan razia selama ramadan



Simpang Empat - Kepolisian Resor (Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat, telah melaksanakan serangkaian operasi keselamatan Singgalang 2024 selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri di wilayah hukum Polres Pasaman Barat.


Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat, Iptu M. Irsyad Fathur Rahman, mengungkapkan bahwa operasi dilakukan dengan dua metode, yaitu stasioner di lokasi tertentu dan secara patroli di sepanjang jalur protokol 32 Pasaman Baru hingga Padang Tujuh, daerah yang sering menjadi tempat balapan liar dan pelanggaran lalu lintas.


Dalam operasi ini, berbagai jenis kendaraan diperiksa untuk memastikan kelengkapan surat kendaraan dan keselamatan berkendara. Petugas di lapangan memberikan penekanan pada sikap humanis dalam melakukan pemeriksaan dan memberikan kesempatan kepada pengendara yang kedapatan masa pajak kendaraannya telah habis untuk segera mengurusnya.


Sasaran operasi ini termasuk pengendara yang menggunakan knalpot brong, menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang tanpa menggunakan helm dan sabuk pengaman, serta pengendara yang melawan arus.


Selain itu, tindakan diambil terhadap pengendara yang ugal-ugalan, melakukan balapan liar, tidak memiliki SIM, tidak dapat menunjukkan STNK, dan kendaraan yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Kendaraan yang terjaring dalam razia dapat diambil kembali setelah melengkapi surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK serta membayar tilang melalui rekening Briva.


Kepala Satuan Lalu Lintas berharap kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dapat ditingkatkan guna menciptakan lingkungan berkendara yang lebih aman, teratur, dan lancar.(des)