Potensi Perubahan Timnas Vietnam Menghadapi Timnas Indonesia, Nova Arianto Beri Konfirmasi -->

Iklan Atas

Potensi Perubahan Timnas Vietnam Menghadapi Timnas Indonesia, Nova Arianto Beri Konfirmasi

Rabu, 06 Maret 2024

Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023.


BEKASI – Tim Nasional (Timnas) Vietnam mungkin akan menampilkan kekuatan yang berbeda saat bertemu dengan Timnas Indonesia di pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Asisten pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto, telah memastikan bahwa Timnas Indonesia sudah memperhatikan hal tersebut dan telah menyiapkan diri.


Nova mengungkapkan bahwa ada kemungkinan The Golden Star Warriors -nama panggilan Timnas Vietnam- akan menambah pemain yang sebelumnya absen dalam Piala Asia 2023. Tentu saja, ini menjadi kabar kurang baik bagi Garuda.


Timnas Indonesia sendiri akan menghadapi Vietnam dua kali dalam Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada tanggal 21 Maret 2024. Kemudian, lima hari setelahnya, Skuad Garuda akan bertandang ke markas Vietnam di Stadion My Dinh, pada tanggal 26 Maret 2024.


Sebelumnya, Timnas Indonesia telah meraih kemenangan tipis 1-0 melawan Vietnam dalam fase grup Piala Asia 2023. Gol penalti oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-42 menjadi penentu kemenangan tersebut.


Meskipun memiliki hasil positif dalam pertemuan sebelumnya, Nova mengatakan bahwa Timnas Indonesia tetap waspada menghadapi kekuatan lawan. Pasalnya, Vietnam kemungkinan akan menampilkan pemain-pemain baru yang sebelumnya absen dalam Piala Asia 2023.


“Vietnam tetap menjadi lawan yang harus diwaspadai, karena kita mendengar bahwa beberapa pemain yang tidak tampil dalam Piala Asia akan hadir di Jakarta,” kata Nova kepada wartawan, termasuk MNC Portal Indonesia di Garudayaksa, Bekasi, pada Rabu (6/3/2024).


Meskipun demikian, staf kepelatihan akan melakukan persiapan yang lebih matang untuk menghadapi Vietnam. Semua ini dilakukan untuk meraih hasil yang positif saat bermain di depan pendukung di Tanah Air.


“Hal ini menjadi faktor yang perlu diperhatikan, dan kami harus lebih siap lagi serta memeriksa lagi bagaimana susunan pemain yang akan tampil dalam pertandingan pertama di Jakarta. Karena pasti akan ada perbedaan dalam komposisi pemain, beberapa pemain yang tidak bermain dalam Piala Asia akan diikutsertakan juga,” ujar Nova.


Untuk catatan, Timnas Indonesia baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan yang telah dimainkan dalam Grup F. Sebelumnya, Asnawi Mangkualam cs kalah dari Irak dan bermain imbang melawan Filipina. Karena itu, Skuad Garuda harus bangkit jika ingin tetap mempertahankan peluang lolos ke babak berikutnya.(BY)