Putin, ISIS Dibalik Serangan Gedung Konser di Rusia -->

Iklan Atas

Putin, ISIS Dibalik Serangan Gedung Konser di Rusia

Selasa, 26 Maret 2024

Putin sebut ISIS di balik serangan gedung konser Rusia, tetap kaitkan dengan Ukraina 

Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin secara resmi menyatakan bahwa kelompok Islam radikal, yang dikaitkan dengan ISIS, bertanggung jawab atas serangan brutal yang terjadi di sebuah gedung konser di luar Moskow pada Jumat (22/3/2024). 


Dalam pertemuan yang disiarkan televisi, Putin menegaskan bahwa kejahatan tersebut merupakan bagian dari serangkaian upaya oleh kelompok yang berperang dengan Rusia sejak 2014. 


Meskipun demikian, Putin juga menyebutkan kemungkinan keterlibatan Ukraina dalam peristiwa tersebut, sementara menyoroti upaya Amerika Serikat untuk menutupi keterlibatan tersebut. 


Penyelidikan telah menghasilkan penahanan sebelas orang terkait serangan tersebut. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 139 orang dan melukai 182 lainnya.afiliasi ISIS-K telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut, yang merupakan yang paling mematikan di Rusia sejak pengepungan sekolah di Beslan pada tahun 2003. 


Meskipun demikian, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menolak memberikan komentar tentang hubungan nyata antara ISIS dan serangan tersebut.(des*)