Rencana Diskon Tarif Tol, Antisipasi Kepadatan Arus Mudik Lebaran -->

Iklan Atas

Rencana Diskon Tarif Tol, Antisipasi Kepadatan Arus Mudik Lebaran

Kamis, 28 Maret 2024

Tarif Jalan Tol Mudik Lebaran 2024


Jakarta - Beberapa bagian jalan Tol Trans Jawa direncanakan akan memberikan diskon tarif tol saat musim mudik Lebaran tahun 2024 mendatang. Saat ini, rencana tersebut masih dalam tahap pembahasan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI).


Fitri Wiyanti, Direktur Operasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk, menyatakan bahwa Asosiasi Jalan Tol Indonesia telah mengirim surat kepada BUJT terkait pemotongan tarif tol. Diperkirakan, dalam waktu dekat BUJT akan membahas lebih lanjut terkait surat tersebut.


Pada pertemuan tersebut, akan ditentukan ruas tol mana yang akan diberlakukan diskon tarif, besarnya diskon, dan periode waktu pemberlakuan.


"Diskon tarif tol, Asosiasi Jalan Tol sudah mengirim surat ke Badan Usaha Jalan Tol dan kami akan memberikan jawaban. Rencananya, nantinya dari asosiasi akan dilakukan pengumuman resmi," ujar Fitri dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu (27/3/2024).


"Karena bukan hanya Jasa Marga yang terlibat, ada banyak pihak di BUJT. Semua akan dikumpulkan dan akan diinformasikan besaran diskon tarif tol, ruas mana yang terpengaruh, serta periode pemberlakuan," tambahnya.


Fitri juga menjelaskan bahwa Asosiasi Jalan Tol masih mengumpulkan informasi dari BUJT mengenai ruas Tol Trans Jawa yang berpotensi mendapatkan diskon tarif. Selain itu, asosiasi juga masih perlu melakukan perhitungan dan mendapat persetujuan dari pemegang saham masing-masing.


"Saat ini masih dalam proses di asosiasi jalan tol untuk mengumpulkan informasi dari BUJT terkait ruas yang akan diberlakukan diskon tarif tol. Mereka masih harus melakukan perhitungan dan mendapatkan persetujuan dari pemegang saham, bukan hanya Jasa Marga saja," jelasnya.


Salah satu operator jalan tol yang akan memberikan diskon tarif selama musim mudik Lebaran 2024 adalah Astra Infra.


Diskon tarif ini akan diberlakukan di beberapa ruas tol yang dikelola oleh perusahaan tersebut.


Pemberian diskon tarif tol bertujuan untuk mendorong kelancaran arus mudik dan balik yang berpotensi mengalami kemacetan pada hari-hari tertentu.


"Menyambut momen Lebaran tahun ini, Astra Infra berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Kami berharap inisiatif yang kami lakukan dapat memberikan dampak positif bagi kelancaran mudik Lebaran tahun ini," ungkap Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam pernyataan tertulisnya.(BY)