Solok Selatan Siap Gelar Bazar Murah Bahan Pokok Jelang Idul Fitri -->

Iklan Atas

Solok Selatan Siap Gelar Bazar Murah Bahan Pokok Jelang Idul Fitri

Rabu, 27 Maret 2024

Pedagang cabai merah melayani pembeli di Pasar Padang Aro. 


Padangaro - Mendekati perayaan Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berencana untuk menyelenggarakan bazar atau pasar murah bahan pokok. Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah.


Joko Nugroho, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Kabupaten Solok Selatan, menyatakan bahwa kegiatan bazar murah ini tidak hanya bertujuan untuk membantu masyarakat, tetapi juga sebagai upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas harga bahan pokok. 


Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaan pangan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.


Bazar pangan murah direncanakan akan dilaksanakan oleh Pemkab Solok Selatan pada akhir Maret 2024 atau awal April. Berbagai jenis bahan pokok akan tersedia, seperti beras, cabai merah, bawang merah/putih, telur, minyak goreng, gula, kacang, dan terigu. Untuk membantu masyarakat, setiap paket sembako akan didiskon 50 persen, dan masyarakat dapat menggunakan kupon untuk mendapatkannya.


Nugroho juga mengungkapkan bahwa pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Salah satunya adalah program pembagian beras dari Badan Pangan Nasional untuk masyarakat berpenghasilan rendah.


Dia juga menyoroti lonjakan harga bahan pokok yang terjadi menjelang bulan Ramadan, terutama harga cabai merah yang sempat mencapai Rp120 per kilogram. Namun, saat ini harga cabai merah sudah kembali stabil di kisaran Rp40-Rp45 ribu per kilogramnya.


"Pemerintah terus memantau harga berbagai bahan pangan untuk melakukan antisipasi secepatnya jika terjadi lonjakan harga yang signifikan," tambahnya. (des)