Sorotan Positif dari Media China, Sepakbola Indonesia Bangkit dengan Cepat -->

Iklan Atas

Sorotan Positif dari Media China, Sepakbola Indonesia Bangkit dengan Cepat

Jumat, 15 Maret 2024

Media China memuji perkembangan pesat sepakbola Indonesia


Fajarsumbar.id - Media China memberi pujian terhadap kemajuan sepakbola Indonesia yang dahulu kurang bersinar namun sekarang menunjukkan performa yang mengesankan. Mereka sangat terkesan dengan kemajuan pesat Timnas Indonesia.


Ulasan tersebut muncul menjelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Timnas Indonesia dan Timnas Vietnam. Media China, 163.com, membahas tentang kekuatan tim Garuda.


Mereka mengamati bahwa Vietnam tidak lagi mampu mengalahkan Indonesia dengan mudah seperti yang terjadi antara 2018-2022. Pada masa itu, The Golden Star Warriors sangat unggul di bawah bimbingan Park Hang-seo.


Media tersebut juga menyebutkan tentang Zheng Cheng yang dulunya menjadi penjaga gawang untuk Persebaya Surabaya ketika usianya baru 20 tahun. Mereka menyatakan bahwa saat itu, sepakbola Indonesia belum sekuat sekarang.


Perkembangan ini diyakini tidak lepas dari peran Shin Tae-yong yang menjadi pelatih Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Bukti nyata kemampuannya adalah berhasilnya meningkatkan peringkat FIFA Timnas Indonesia dari peringkat 160-an menjadi 142!


"Kesalahan besar jika mengabaikan Indonesia. Dahulu, Indonesia adalah negara pertama di Asia yang ikut serta dalam Piala Dunia (dengan nama Hindia Belanda)," komentar media tersebut, dikutip pada Jumat (15/3/2024).


"Meskipun sepakbola sudah lama dikenal di negara ini, namun Timnas Indonesia belum pernah mendapatkan apresiasi yang sesuai. Bahkan, mereka termasuk dalam kelompok tim terlemah di benua tersebut," lanjut ulasan mereka.


"Pada tahun 2005, Zeng Cheng, yang tidak mendapat tempat di Timnas China, menjadi andalan utama bagi klub Surabaya (Persebaya) dengan status pinjaman," tambah mereka.


"Bayangkan, seorang kiper berusia 20 tahun menjadi andalan klub Indonesia menunjukkan betapa rendahnya level sepakbola mereka," papar 163.com.


"Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sepakbola Indonesia telah menunjukkan peningkatan yang signifikan. Sejak Shin Tae-yong menjadi pelatih pada 2020, peringkat Timnas Indonesia naik 30 peringkat. Mereka bahkan mencapai babak 16 besar Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya," tambah mereka.


"Yang pasti, perkembangan sepakbola Indonesia sedang sangat membanggakan," demikian penutup ulasan mereka.(BY)