Tahfiz Alquran Merupakan Visi Dan Misi Bupati Perlu Dikembangkan Pada Setiap Jorong -->

Iklan Atas

Tahfiz Alquran Merupakan Visi Dan Misi Bupati Perlu Dikembangkan Pada Setiap Jorong

Rabu, 20 Maret 2024

 

Seluruh tim diperkenalkan oleh Bupati Solok Selatan, agar masyarakat bisa leluasa mengenal dan menyampaikan aspirasinya disaat safari ramadan. (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Masjid Nurul Huda Sungai Talu, Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Sumbar), dikunjungi Tim Safari Ramadan Kabupaten. 

Kunjungan kali ini merupakan kunjungan TSR yang ke 3 tim terdiri dari Bupati Khairunas selaku ketua tim, Sekda, SKPD, Bank Nagari, camat wali nagari setempat. Rabu (20/3/2024). 

Pengurus Masjid Nurul Huda......dalam laporan menyampaikan. Baru sekali ini pejabat tingkat kabupaten yang hadir dan safari ramadan di Masjid Nurul Huda Sungai Talu ini. 

Sejumlah keluhan terhadap pembangunan masjid disampaikan oleh pengurus Masjid dihadapan bupati dan tim

Selama ini kami membangun Masjid Nurul Huda ini hanya belas kasihan dan sumbangan dari masyarakat, belum ada kami mendapatkan bantuan bantuan, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dan donatur lainya, kami masih butuh lokasi parkir dan sarana jemaah lainya. 

Wali Nagari Sako Selatan Nita Seriwati dalam sambutanya mengatskan, ini merupakan kehormatan bagi warga kami karena bapak Bupati bisa menginjakan kakinya di Masjid Nurul Huda ini, puluhan tahun menunggu, baru kali ini. 

Bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat kita di Nagari Sako Selatan, dan saat ini Nagari Sako Selatan memang sedang giat giatnya membimbing anak anak remaja dan melahirkan program lainya. 

Salah satunya yang diraih oleh nagari ini adalah penilaian  Dasawisma pokja dua dan mendapat juara harapan 2 tingkat provinsi, dan juara inilah menjadi kebanggan bagi masyarakat kami. 

Sepanjang jalan Sei Talu drainase sama sekali tidak ada, disaat hari hujan sering terjadi banjir, harapan masyarakat segera direalisasikan oleh pemda. 

Bupati Solok Selatan dalam sambutanya mengatakan pada kesempatan ini, perlu kami menyampaikan informasi realisasi program unggulan, kebijakan dan pembangunan yang telah dan akan dilakukan diantaranya. 

Penyediaan seragam sekolah gratis di berbagai tingkat TK/PAUD, SD, SLTP, SLTA dan Madrasah dengan total 17.281 (Tujuh Belas Ribu Dua Ratus Delapan Puluh Satu) stel seragam. Program ini akan tetap dilanjutkan pada tahun ini, karena sudah disediakan anggaran sebesar 4,2 Milyar.

Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan Beasiswa kepada 820 siswa SD dan SMP dengan total anggaran mencapai Rp. 512 Juta serta Bantuan Perguruan Tinggi bagi siswa berprestasi di tahun 2023 sebanyak 198 orang Mahasiswa yang berasal dari Solok Selatan. 

Pendirian rumah tahfiz yang saat ini berjumlah 379 dengan rincian sebanyak 274 rumah tahfiz binaan dan 105 Rumah tahfiz mandiri. Alhamdulillah tahun 2023 yang lalu guru tahfiz ini telah kita tingkatkan kesejahteraan nya, diberikan jaminan kesehatan dan jaminan keselamatan kerja.
Selama tiga tahun ini, melalui program ini telah lahir lebih dari 20 ribu anak-anak kita para hafizd Quran.

Untuk anak-anak kita yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, kita juga telah bekerja sama dengan berbagai Universitas ternama di Sumatera Barat. 
Dan juga kita terus mendorong perkembangan Universitas yang ada di Kabupaten Solok Selatan yaitu Widyaswara Muara Labuh yang lulusannya juga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.

Sektor kesehatan, selama tahun 2023, capaian kepesertaan BPJS penduduk Solok Selatan menembus angka 95,93% dari total jumlah penduduk sebanyak 182.315 jiwa. 
Itu berati, kurang lebih sebanyak 174.887 penduduk Solok Selatan telah tercover BPJSSelain meningkatkan kepesertaan BPJS Kesehatan, kita juga terus mendekatkan pelayanan dan menghadirkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

 Melalui program Puskesmas Sehatkan Nagari, Rumah Sakit melayani Nagari dan yang terbaru yaitu Mobilitas untuk pasien Hemodialisa atau cuci darah. 

Dengan program ini masyarakat akan dikunjungi langsung oleh petugas baik dari Puskesmas Maupun dari Rumah Sakit untuk diperiksa gangguan kesehatannya. 

Pada tahun 2023 kualitas layanan kita juga meningkat ditandai dengan peningkatan akreditasi RSUD Muara Labuh menjadi predikat Paripurna dan diikuti oleh 7 (tujuh) Puskesmas di seluruh Kecamatan terdiri dari 5 (Lima) Puskesmas dengan predikat paripurna, serta 2 (dua) puskesmas dengan predikat Utama. 

Sebanyak 96 orang usia angkatan kerja yang dilatih serta pemberian 2000 (dua ribu) jaminan keselamatan kerja kepada pekerja rentan. Pemberian bantuan sapi melalui Program SUKA SAPI pada tahun 2023 kita telah menyalurkan sebanyak 516 ekor Sapi kepada 31 kelompok.

Untuk peningkatan ekonomi kerakyatan, kita telah membina sebanyak 294 UMKM, dan memberikan bantuan berupa peralatan terhadap  504 UMKM, naik dari tahun sebelumnya yang baru dibantu 49 UMKM. 

Dalam hal menunjang percepatan layanan terutama dalam hal penyediaan infrastruktur dan penanganan kebencanaan pemerintah daerah telah memenuhi 4 (empat) dari 7 (enam) unit Ekskavator yang telah dijanjikan.
Melalui program satu kecamatan satu ekskavator ini, kita telah menangani Jalan antar Nagari dan antar Kecamatan sepanjang 56 Kilo Meter se Kabupaten Solok Selatan.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan telah melakukan rehabiltasi terhadap 18 (Delapan Belas) Rumah Gadang dengan Anggaran sebesar Rp. 2 Milyar, kita terus giat mempromosikan Hot Water Boom Sapan Maluluang, Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta Goa Batu Kapal sebagai destinasi wisata prioritas Kabupaten Solok Selatan. 

Pengembangan destinasi wisata tersebut diintegrasikan dengan beberapa Event & Festival seperti Festival Sarantau Sasurambi Balimau, Festival Durian, Car Free Day yang rutin diselenggarakan serta GASS (gowes adventure Solok Selatan) yang kedua kali dilaksanakan pada Desember Tahun 2023 yang lalu.

Menjadi salah satu event Gowes terbesar saat ini di Provinsi Sumatera Barat karena diikuti lebih dari 3000 pesepada dan 200 klub sepeda. 

Kegiatan even-even ini diharapkan berdampak langsung terhadap pengembangan perekonomian masyarakat terutama kepada sektor UMKM di Solok Selatan.

Kecamatan Pauh Duo merupakan Kecamatan  yang memiliki posisi strategis sebagai kawasan yang memiliki tingkat pertumbuhan cukup tinggi karena berada antara dua pusat pertumbuhan yaitu Muara Labuh dengan Ibu Kota Padang Aro. 

Kecamatan Pauh Duo merupakan kecamatan yang mendapat manfaat langsung dari eksplorasi dari investasi panas bumi oleh PT Supreme Energy. Selain karena potensi sumber daya alam, perkembangan Kecamatan Pauh Duo juga akan didukung oleh keberadaan beberapa objek wisata. 

Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah terus mendorong peningkatan infrastruktur peningkatan kualitas dan pelebaran jalan Nasional yang merupakan jalan utama di Kecamatan Pauh Duo serta jalan penghubung utama ke Ibu Kota Solok Selatan. (Abg