Tim SR 23 Pemko Sawahlunto Tampung Aspirasi Jama'ah Masjid Al Irsyad dan Al Muhajirin -->

Iklan Atas

Tim SR 23 Pemko Sawahlunto Tampung Aspirasi Jama'ah Masjid Al Irsyad dan Al Muhajirin

Rabu, 20 Maret 2024

 

Tim Safari Ramadan 23 Pemko Sawahlunto Novyon bersalaman bersama pengurus Masjid Al Irsyad Eka Syafputra usai memberikan cenderamata kepada gharim Masjid Al Irsyad. (foto anton)


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Tim Safari Ramadan (TSR) 23 Pemerintah Kota Sawahlunto mengunjungi Masjid Al Irsyad Pasar Remaja, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar dan Masjid Al Muhajirin Perumahan Lembah Santur, Desa Santur, Kecamatan Barangin pada Ramadan 1445 H kali ini.


Agenda tahunan Pemko Sawahlunto ini bertujuan untuk menjalin dan meningkatkan hubungan silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat, menyampaikan informasi tentang program-program pembangunan kota yang sudah dilaksanakan atau yang akan dilaksanakan sekaligus menyerap informasi dari masyarakat.


Ketua TSR 23 Dwi Darmawati (Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja), Wakil Ketua Ronal Kardinal (Anggota DPRD) dan anggota tim Novyon (Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Setwan), Irwandi (Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan DKP3, Sari Rahmawati (Kabid Pengelolaan Informasi, Komunikasi Publik dan Statistik Diskominfo), Mubaligh Afri Delson (Kepala KUA Kecamatan Talawi, Sekretaris Bob Hepikris (Analis Kebijakan Ahli Muda Bidang Penanaman Modal), serta Anton Saputra (wartawan fajarsumbar.com).


Sebanyak 27 Tim Safari Ramadan berkumpul di Rumah Dinas Wali Kota Sawahlunto, Senin (18/3/2023) sebelum TSR bertolak menuju masjid-masjid dengan diawali buka bersama.


Pj Wali Kota Sawahlunto Dr. Zefnihan, AP, M.Si dalam sambutannya menyampaikan pencapaian kinerja Pemerintah Kota Sawahlunto selama tahun 2023 dalam aspek pemerintahan; bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang infrastruktur. Aspek pembangunan diantaranya; indeks pembangunan manusia, penanganan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim, pengendalian inflasi di Kota Sawahlunto dan upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga aspek kemasyarakatan.


"Untuk tahun 2024 prioritas pembangunan dan arah kebijakan pembangunan yang akan kita laksanakan adalah; peningkatan nilai-nilai agama, optimalisasi status WTBOS sebagai warisan dunia dan geopark nasional untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, pemantapan pemulihan ekonomi melalui peningkatan daya saing produk dan komoditi unggulan daerah serta peningkatan kualitas tenaga kerja," imbuh Zefnihan.


Selanjutnya, sambung Zefnihan, peningkatan mutu pendidikan dan peningkatan kualitas perencanaan, penyelenggaraan, pengawasan dan pelaporan pembangunan di tingkat kota. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan kualitas dan pengelolaan destinasi serta promosi wisata.


"Peningkatan insfrastruktur publik yang berkualitas, peningkatan kesiapsiagaan dalam penanggulangan dan pengurangan resiko bencana, peningkatan perlindungan sosial hingga peningkatan kualitas pelayanan publik berbasis teknologi informasi," tandasnya.


Usai buka bersama dan salat maghrib berjama'ah, hari pertama TSR 23 berkunjung ke Masjid Al Irsyad Pasar Remaja, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Senin (18/3/2024).


Ketua TSR 23 Dwi Darmawati atas nama pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kota Sawahlunto yang mempunyai hak pilih dalam Pemilu Pileg dan Pilpres 2024 yang telah melaksanakan hak politiknya, yang telah memberikan hak suaranya pada 14 Februari 2024 lalu.


"Alhamdulillah, di Kota Sawahlunto tingkat partisipasi pemilih kita mencapai angka 83 persen dan masuk di posisi ketiga untuk tingkat kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat," sebutnya.


Pengurus Masjid Al Irsyad, Eka Syafputra menyampaikan, kapankah realisasi penataan kawasan kota lama (Pasar Remaja- red) yang katanya akan mereplikasi kawasan Malioboro (Jogja) karena sebelumnya masyarakat telah membersihkan dan membebaskan lahan dari parkir dan lapak yang dianggap pemerintah mengganggu pelaksanaan rencana tersebut. Kami khawatir karena sudah lama tanpa ada realisasi takutnya masyarakat kembali beraktifitas seperti sebelumnya di lahan yang telah di bersihkan tersebut.


"Trotoar-trotoar kita di cat dan itu dijadikan untuk kenyamanan pejalan kaki, tapi sampai saat sekarang realisasinya tidak ada. Jangan sampai nanti, semangat masyarakat akan kembali mendirikan tenda lagi, sekarang masyarakat sudah berbenah diri, sudah mau mengalah kepada pemerintah. Tetapi pemerintah masih berdiam diri sampai saat sekarang. Ini tolong dicatat untuk tim disamping kepada Pj wali kota," ungkapnya kemudian.


Selanjutnya mubaligh TSR 23 Afri Delson memberikan tausiahnya dengan judul Ramadan Sebagai Bulan Pembelajaran. "Kita bagi takjil kepada tetangga, maka kita akan dapatkan pahala puasa seperti pahala puasanya mereka. Tapi yang banyak sekarang, bukannya perbukaan itu yang kita bagikan, tapi gambar kolak (makanan-red) yang kita foto lalu dibagikan si media sosial," ujar Kepala KUA Kecamatan Talawi tersebut.


Dalam hadist nabi, kata Afri Delson, bukan foto kolak itu yang dibagikan, tapi kolaknya lah yang dibagikan ke tetangga. "Apabila kamu membuat sayur, kata Rasulullah, maka bagilah sayurnya," sambung Afri Delson.

Tim Safari Ramadan 23 Pemko Sawahlunto Irwandi memberikan cenderamata kepada gharim Masjid Al Muhajirin didampingi Novyon dan Ketua TSR 23 Dwi Damayanti. (foto anton)


Hari kedua TSR 23 Pemerintah Kota Sawahlunto di Masjid Al Muhajirin Perumahan Lembah Santur, Desa Santur, Kecamatan Barangin, Selasa (19/3/2024).


Ketua TSR 23 Pemerintah Kota Sawahlunto Dwi Darmawati juga menyampaikan materi Safari Ramadan Pemerintah Kota Sawahlunto kepada jama'ah Masjid Al Muhajirin yang notabene mayoritas diisi oleh pejabat maupun mantan pejabat Pemerintahan Kota Sawahlunto.


Di Masjid Al Muhajirin, Tim Safari Ramadan 23 Pemko Sawahlunto menuai banyak kritikan dan masukan dari masyarakat diantaranya;


1. Apakah maksud predikat paripurna RSUD Kota Sawahlunto, karena tidak sesuai dengan kenyataannya, karena saya sudah menjalani perawatan gigi selama 7 bulan belum juga selesai sampai sekarang?


2. Dalam penyampaian oleh ketua tim disebutkan ada 12 SMP di Kota Sawahlunto, sementara yang kami ketahui SMP itu cuma ada 9 buah saja?


3. Banyak ruas jalan yang sangat tidak bagus, setiap diperbaiki selalu saja rusak kembali dalam waktu singkat. Kalau pemerintah tidak mampu mengerjakannya sendiri carikan ahli untuk membuat perencanaan yang lebih baik.


4. Jalan dari Desa Santur menuju Desa Kolok Mudiak hampir setiap hari bertebaran kotoran sapi, mohon untuk di tangani.


5. Selain kualitas pelayanannya yang jelek, air yang disalurkan oleh PDAM juga kotor.


6. Sampai dimana lobi Pemko ke pemerintah pusat terkait perbaikan ruas jalan provinsi yang ada di kota sawahlunto? Perlu kegigihan dan keseriusan Pemko dan jajarannya terkait hal ini.


7. Sebagaimana yang kita ketahui, ruas jalan provinsi kelok tarok adalah kewenangan pemerintahan provinsi, tapi bagaimana dengan trotoarnya? Karena sekian lama dengan kondisi seperti sekarang ini tidak ada penanganan yang serius.


8. Apakabar dengan jalan Rahmat Syah?


9. Kondisi jalan kawasan kandi sangat mengkhawatirkan dan membahayakan bagi pengguna jalan.


10. Kenapa setiap hujan datang, selalu ada genangan air dijalan pas pintu masuk ke Balaikota.


11. Karena kita akam memasuki libur Idul Fitri, setidaknya pemerintah daerah melakukan perawatan jalan-jalan kota dengan cara menambal dengan sertu atau material lainnya untuk sementara.


Hari kedua Tim Safari Ramadan 23 ini ditutup dengan tausiyah Mubaligh Afri Delson dengan tema Ramadan Penuh Keberkahan. (ton)