Transformasi Elektrifikasi, Toyota Siapkan Inovasi Mobilitas Ramah Lingkungan -->

Iklan Atas

Transformasi Elektrifikasi, Toyota Siapkan Inovasi Mobilitas Ramah Lingkungan

Jumat, 22 Maret 2024

Cuma jual 1 mobil listrik, kapan Toyota luncurkan model baru?


Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) kini hanya menjual satu model mobil listrik kepada konsumen Indonesia, yaitu bZ4X. Pertanyaannya, kapan mereka akan membawa model mobil listrik terbaru ke pasar?


Toyota tampaknya lebih fokus pada pengembangan mobil hybrid dengan memperkenalkan berbagai model baru. Meskipun begitu, Toyota tetap mengadakan studi untuk memastikan bahwa mereka menghadirkan mobil listrik yang sesuai dengan preferensi konsumen Indonesia.


"Dalam dua tahun ke depan, kami akan memperkenalkan model-model baru berupa BEV, PHEV, dan HEV di Indonesia," kata Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanito, di Jakarta Pusat, pada Selasa (19/3/2024).


Secara global, Toyota berencana untuk meluncurkan 30 model mobil listrik hingga tahun 2030. Henry menegaskan bahwa TAM akan mendukung prinsipal mereka dalam mencapai target penurunan emisi gas buang hingga 50 persen pada tahun 2050.


"Mengikuti moto global '30 model baru pada 2030', kami juga pasti akan memperkenalkan kendaraan elektrifikasi," tambah Henry.


Toyota telah berkomitmen pada tahun 2021 untuk menjual 3,5 juta unit kendaraan listrik pada tahun 2030. Selain itu, mereka juga berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi baterai antara tahun 2024 dan 2026.


Selain mobil listrik, Toyota juga berencana untuk memproduksi mobil compact SUV, midsize SUV, large SUV, dan sedan dengan motor listrik berbasis baterai. Model-model yang sudah ada di pasaran juga akan diubah menjadi mobil listrik penuh.


Dengan persaingan yang semakin ketat, Toyota berambisi untuk meningkatkan lini model kendaraan listrik di Eropa menjadi 6 model pada tahun 2026. Mereka berharap dapat mencapai lebih dari 20 persen dari total penjualan mobil baru di wilayah tersebut.


Namun, Toyota juga masih memegang teguh konsep multi-pathway. Mereka akan memperkenalkan model-model ramah lingkungan lainnya untuk memberikan pilihan mobilitas rendah emisi kepada konsumen.(BY)