Analisis Shin Tae-yong tentang Kekuatan Uzbekistan U-23 sebelum Semifinal -->

Iklan Atas

Analisis Shin Tae-yong tentang Kekuatan Uzbekistan U-23 sebelum Semifinal

Senin, 29 April 2024

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong (kanan) bersama Witan Sulaeman.


DOHA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong, telah mengamati kekuatan dan kelemahan Timnas Uzbekistan U-23 menjelang pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024. Dari observasinya, Shin Tae-yong mengidentifikasi satu kekuatan utama dari Uzbekistan U-23 yang perlu diwaspadai, yaitu kemampuan mereka dalam transisi cepat di bawah arahan pelatih Timur Kapadze.


Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Senin (29/4/2024) pukul 21.00 WIB.


Meski begitu, Uzbekistan U-23 bukan lawan yang mudah. Mereka belum pernah kebobolan dalam turnamen ini dan memiliki catatan pencetak gol yang sangat produktif, dengan sudah mengemas 12 gol.


Shin Tae-yong, setelah menyaksikan pertandingan Uzbekistan U-23 melawan Arab Saudi U-23 di perempat final, memahami keunggulan utama dari tim lawan tersebut. Pelatih asal Korea Selatan ini mengakui bahwa Uzbekistan memiliki kemampuan transisi yang sangat baik.


“Setelah melihat pertandingan Uzbekistan, saya menyadari bagaimana mereka berhasil mencetak 12 gol tanpa kebobolan,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang pertandingan melawan Uzbekistan U-23 pada Minggu (28/4/2024).


“Alasan utamanya adalah kemampuan mereka dalam transisi yang sangat cepat. Mereka dapat beralih dari bertahan ke menyerang dengan sangat cepat,” tambahnya.


“Ini mungkin menjadi faktor kunci yang membuat Uzbekistan menjadi salah satu tim terkuat dalam kompetisi ini menurut saya. Mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara lini serang dan pertahanan, serta kemampuan transisi yang saya sebutkan tadi,” jelasnya.


Shin Tae-yong menekankan bahwa kecepatan transisi Uzbekistan U-23 perlu diwaspadai oleh timnya. Meskipun demikian, dia sudah menyiapkan taktik khusus untuk menahan serangan dari Uzbekistan.


“Kami harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan tersebut, dan jika kami dapat mengatasinya dengan baik, kami memiliki kesempatan untuk mengalahkan Uzbekistan. Namun, saya tidak bisa memberikan detail lebih lanjut mengenai taktik yang akan kami gunakan karena itu rahasia,” ungkap pelatih berusia 53 tahun tersebut.


Pertandingan ini sangat penting bagi kedua tim, karena pemenangnya akan melaju ke final dan juga mendapatkan tiket untuk Olimpiade Paris 2024. Sebagai informasi, tim yang berada di peringkat satu hingga tiga dalam Piala Asia U-23 2024 akan langsung lolos ke Olimpiade Paris 2024.


Namun, jika Timnas Indonesia U-23 harus finis di peringkat keempat, mereka masih memiliki peluang untuk merebut tiket Olimpiade Paris 2024. Namun, mereka harus melalui babak playoff dengan menghadapi Guinea, wakil dari Afrika.(BY)