Antony Blinken Temui Putra Mahkota Arab Saudi Bahas Reduksi Ketegangan -->

Iklan Atas

Antony Blinken Temui Putra Mahkota Arab Saudi Bahas Reduksi Ketegangan

Selasa, 30 April 2024

 

Menlu AS bertemu Pangeran Arab Saudi membahas perdamaian di Gaza dan kondisi Timur Tengah 


Riyadh - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken, melakukan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, pada Senin (29/4/2024) di Riyadh. Dalam pertemuan tersebut, keduanya mengulas secara mendalam tentang perlunya mengurangi ketegangan di kawasan tersebut.


Dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Departemen Luar Negeri AS, disebutkan bahwa Blinken menekankan pentingnya untuk mempertahankan dan meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Selain itu, ia juga menyoroti perlunya mencapai gencatan senjata segera yang dapat menjamin pembebasan sandera serta mencegah potensi penyebaran konflik lebih lanjut.


Kunjungan Blinken ke Arab Saudi merupakan bagian dari agenda perjalanannya yang lebih luas ke Timur Tengah. Tujuannya adalah untuk berdiskusi dengan mitra-mitra Arab di Gaza pasca-perang, serta untuk memberikan tekanan kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, agar mengambil langkah-langkah yang diminta oleh Presiden AS Joe Biden bulan ini guna memperbaiki situasi kemanusiaan di Gaza.(des)