Antusiasme Tinggi Pemudik, Lonjakan 75% Trafik di Tol Trans Sumatera -->

Iklan Atas

Antusiasme Tinggi Pemudik, Lonjakan 75% Trafik di Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024

Jalan tol trans sumatera dilintasi 2,1 juta kendaraan


Fajarsumbar.id - Selama masa Mudik tahun 2024, Jalan Tol Trans Sumatera diserbu oleh 2,1 juta kendaraan. PT Hutama Karya (Persero) mencatat lonjakan sebesar 75% dari Volume Lalu Lintas (VLL) normal atau naik 35% dibandingkan tahun sebelumnya.


Adjib Al Hakim, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, menyatakan bahwa angka yang tinggi tersebut menunjukkan minat besar pemudik untuk memilih Jalan Tol Trans Sumatera sebagai rute utama pulang kampung. Hutama Karya mencatat lonjakan puncak terjadi pada H-4 Lebaran, yakni pada tanggal 6 April 2024, dengan 115.064 kendaraan melintas. Sementara lonjakan tertinggi saat arus balik terjadi pada H+4, yakni pada tanggal 14 April 2024, dengan jumlah kendaraan mencapai 163.000.


"Kenaikan trafik paling signifikan terjadi di Ruas Indrapura-Kisaran, bagian Indrapura-Lima Puluh, dengan peningkatan sebesar 129% dibandingkan dengan VLL Normal," ujarnya pada Selasa (23/4/2024).


Sementara itu, ruas dengan trafik tertinggi adalah Ruas Terbanggi Besar–Kayu Agung, dengan total VLL lebih dari 411.000 kendaraan. Antusiasme pengguna jalan tol juga terlihat di ruas fungsional seperti Tol Indrapura-Kisaran, bagian Lima Puluh-Kisaran pada tanggal 4-21 April, dan Bangkinang-XIII Koto Kampar pada tanggal 5-17 April, dengan lebih dari 160.000 kendaraan melintas.


Dari evaluasi layanan selama masa Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya menemukan bahwa jumlah kendaraan yang melintas setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 H lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Hal ini kemungkinan karena banyak keluarga yang menunda pulang kampung dan memilih untuk melakukan perjalanan setelah lebaran. Lonjakan tersebut terlihat pada tanggal 11 April atau H+1 lebaran, dengan 141.347 kendaraan melintas atau naik 141% dibandingkan VLL normal.


Tidak hanya itu, banyak pengguna jalan tol yang memanfaatkan momen libur ini untuk mengunjungi tempat wisata atau menikmati kuliner. Ini tercermin dari pertumbuhan tinggi di Tol Indrapura–Kisaran, yang merupakan akses wisata bagi pengguna jalan tol dari Medan menuju daerah Kisaran.


"Selama masa Mudik Lebaran, kami mengoperasikan 6 rest area secara penuh di Tol Indrapura – Kisaran, Binjai – Langsa, dan Pekanbaru-Bangkinang. Tempat-tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap harinya. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran pengguna jalan tol untuk beristirahat saat mengantuk atau lelah ketika berkendara demi keselamatan semakin meningkat," tambah Adjib.(BY)