Apple Siap Bangun Pabrik di Indonesia, Langkah Strategis untuk Kemajuan Manufaktur -->

Iklan Atas

Apple Siap Bangun Pabrik di Indonesia, Langkah Strategis untuk Kemajuan Manufaktur

Senin, 22 April 2024

Presiden Jokowi bertemu Tony Blair


Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan pertemuan dengan tokoh-tokoh ternama dari berbagai belahan dunia. Jokowi berjumpa langsung dengan tiga tokoh utama, yaitu CEO Apple, Tim Cook, Mantan Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi.


Pertemuan ini tidak sekadar pertemuan biasa, melainkan pertemuan untuk menjalin kerjasama guna memajukan dan mengembangkan Ibu Kota Nusantara (IKN) lebih jauh.


Jokowi membahas berbagai hal yang menguntungkan bagi Indonesia. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi selalu menyoroti proses pembangunan IKN yang sedang berlangsung saat ini.


Berikut adalah fakta-fakta dari pertemuan Jokowi dengan para tokoh tersebut pada Minggu (21/4/2024):


Apple Akan Bangun Pabrik di Indonesia

Pada pertemuan tersebut, Menteri Perindustrian menyampaikan bahwa Presiden Jokowi mendorong Apple untuk mendirikan pabrik manufaktur di Indonesia. Menperin menyebutkan bahwa beberapa komponen perangkat Apple sudah siap diproduksi di Indonesia.


Jokowi Mengajak Apple untuk Terlibat dalam Pengembangan IKN

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak CEO Apple untuk turut serta dalam pengembangan Smart City di IKN.


Penandatanganan MoU untuk Pengembangan IKN

Tony Blair, sebagai Pendiri dan Ketua Eksekutif Tony Blair Institute, telah menandatangani nota kesepahaman dengan Otorita Ibu Kota Nusantara terkait pengembangan IKN.


Kerjasama yang Menguntungkan

Presiden Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menekankan pentingnya peningkatan kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan antara kedua negara.


Pembangunan Transportasi di IKN

Selain itu, Presiden Jokowi juga mendorong kerja sama dalam pembangunan di IKN, termasuk dalam pengembangan moda transportasi. Jokowi juga menyoroti pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung dan mengajak untuk percepatan penyelesaian studi kelayakan untuk perpanjangan jalur hingga ke Surabaya.(BY)