Bandara Siapkan Penerbangan Tambahan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik -->

Iklan Atas

Bandara Siapkan Penerbangan Tambahan untuk Antisipasi Lonjakan Pemudik

Minggu, 14 April 2024

Mudik Lebaran 2024 


Jakarta - Pesawat masih menjadi pilihan utama untuk mudik Lebaran 2024. Dari semua jenis transportasi umum, pesawat tetap menjadi favorit masyarakat karena dapat membawa mereka ke kampung halaman lebih cepat.


Puncak arus mudik Lebaran 2024 menyebabkan kenaikan penggunaan pesawat sebesar 21 persen di sejumlah bandara. Pada H-2 Lebaran atau Senin (8/4/2024), pesawat menjadi moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh pemudik.


Berikut adalah fakta-fakta terkait hal ini:


Pesawat menjadi angkutan umum terbanyak

Menurut data Kementerian Perhubungan, sebanyak 274.967 orang atau 28,93% dari total penumpang angkutan umum Lebaran 2024 menggunakan pesawat.


Jumlah penumpang mengalami penurunan

Jumlah penumpang pesawat sebanyak 274.967, mengalami penurunan sebesar 1,31% dibandingkan tahun sebelumnya (278.607 penumpang), namun naik 69,99% dibandingkan dengan pergerakan harian biasa.


Penambahan extra flight

Bandara Soekarno-Hatta bersama beberapa maskapai telah menyiapkan penambahan extra flight untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik. Sebanyak 44 penerbangan tambahan untuk internasional dan 1.300 penerbangan tambahan untuk domestik telah disiapkan.


Persiapan jumlah penerbangan

Direktur Utama Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menyebutkan bahwa mereka telah menyiapkan 44 penerbangan tambahan untuk rute internasional dan 1.300 penerbangan tambahan untuk rute domestik, sesuai dengan permintaan dari maskapai penerbangan.


Posko Angkutan Lebaran

Bandara Soekarno-Hatta telah menyiapkan Posko Angkutan Lebaran yang berlokasi di depan Terminal Keberangkatan 1B. Posko tersebut tidak hanya memantau pergerakan penumpang selama puncak arus mudik, tetapi juga pergerakan pesawat serta pemantauan cuaca.


Kerjasama dengan TNI dan Polri

Angkasa Pura II juga telah bekerja sama dengan 7.000 personel dari TNI dan Polri untuk mengatasi kepadatan pada puncak arus mudik, serta meningkatkan fasilitas dan sarana di Bandara Soekarno-Hatta.(BY)