Bangga! Akreditasi Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan Solsel Meningkat Signifikan -->

Iklan Atas

Bangga! Akreditasi Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan Solsel Meningkat Signifikan

Kamis, 18 April 2024




Bupati Solsel Khairunas didampingi keyua TP PKK dan OPD, saat menjenguk pasien di salah satu rumah sakit solsel. (Abg


Solsel, fajarsumbar.com - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan berbangga dengan hasil capaian akreditasi seluruh UPT kesehatan di bawah Dinas Kesehatan. Pasalnya, hasil akreditasi tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan hasil sangat memuaskan.


Bupati Solok Selatan melalui Kepala Dinas Kesehatan dr. Pendewal mengatakan dua rumah sakit dan delapan Puskesmas yang ada di Solok Selatan saat ini telah mendapatkan akreditasi yang baik. Sejalan dengan peningkatan pelayanan yang juga terus dibenahi.


"Dari proses akreditasi yang dilakukan beberapa waktu lalu, seluruh RSUD dan Puskesmas di Solok Selatan mengalami peningkatan yang sangat baik. Kita bangga dengan terus terjadi peningkatan standar pelayanan kepada masyarakat yang sesuai dengan standar pelayanan seharusnya," kata Pendewal dalam keterangannya, Kamis (18/4/2024).


Secara detil, RSUD Solok Selatan dan RSUD Batang Sangir mendapatkan akreditasi Paripurna dari lembaga penyelenggara akreditasi independen. Paripurna merupakan predikat hasil penilaian tertinggi bagi pelayanan kesehatan.


Begitu juga dengan lima puskemas, yakni Puskesmas Sungai Pagu, Sangir, Sangir Jujuan, Sangir Balai Janggo dan Sangir Batang Hari. Kelima puskesmas ini juga tercatat mendapatkan akreditasi paling tinggi ini.


Puskesmas Koto Parik Gadang Diateh dan Puskesmas Pauh Duo mendapatkan akreditasi Utama. Keduanya sama-sama naik peringkat dari sebelumnya Madya.


Terakhir adalah Puskesmas Lubuak Ulang Aling yang mendapatkan akreditasi Madya. Peningkatan berarti dari sebelumnya berada pada posisi Dasar.


Pendewal mengatakan akreditasi ini dilakukan agar rumah sakit dan puskesmas dapat mempertahankan, bahkan meningkatkan mutu pelayanannya.


Peringkat akreditasi ini diperoleh berdasarkan penilaian atas fasilitas kesehatan, standar dan mutu pelayanan yang berkesinambungan. (Abg)