Bangkit dari Kekalahan, Shin Tae-yong Minta Garuda Muda Fokus ke Depan -->

Iklan Atas

Bangkit dari Kekalahan, Shin Tae-yong Minta Garuda Muda Fokus ke Depan

Senin, 22 April 2024

Shin Tae-yong komentari kemenangan Timnas Indonesia U-23 dari Timnas Yordania U-23 di Piala Asia U-23 2024.


DOHA – Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia U-23, memberikan tanggapannya tentang pertandingan menghancurkan Timnas Yordania U-23 yang dilakoni timnya di pertandingan terakhir Grup A Piala Asia U-23 2024. Dia menyebut kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar U-23 di pertandingan pertama Grup A sebagai sebuah adegan lucu.


Menurut Shin Tae-yong, Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang yang berbeda ketika menghadapi Qatar U-23 di pertandingan perdana Grup A Piala Asia U-23 jika wasit bertindak secara adil. Pasalnya, tim Garuda Muda membuktikan kemampuannya di dua pertandingan lain dengan meraih kemenangan.


"Perlu saya tekankan bahwa pertandingan pertama itu hanyalah komedi," ungkap Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-pertandingan melawan Timnas Yordania U-23, Senin (22/4/2024).


“Saya yakin kami tidak akan mengulangi performa seperti itu di masa depan. Jika wasit bertindak secara adil, saya yakin hasil pertandingannya akan berbeda," tambahnya.


Meskipun kekalahan dari Qatar menimbulkan kerugian, Shin Tae-yong memotivasi para pemain Timnas Indonesia U-23 untuk bangkit. Setelah sukses mengalahkan Australia U-23 dengan skor 1-0 di pertandingan kedua, kepercayaan diri timnya kembali meningkat.


“Saya bilang kepada para pemain bahwa kami harus melupakan pertandingan pertama melawan Qatar dan fokus ke depan. Kemenangan atas Australia meningkatkan kepercayaan diri kami," tegas Shin Tae-yong.


Lebih lanjut, Shin Tae-yong mendorong para pemainnya untuk bermain dengan penuh keyakinan agar Timnas Indonesia U-23 dapat bersaing di babak perempatfinal Piala Asia U-23 2024. Dia menegaskan bahwa timnya akan memberikan yang terbaik, tanpa memperhitungkan hasil akhir.


"Dalam persiapan untuk pertandingan malam ini, saya menekankan lagi kepada para pemain untuk tampil dengan percaya diri, sesuai yang mereka lakukan di lapangan," ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.


“Semua ini akan membantu kami dalam pertarungan di perempatfinal. Terlepas dari hasilnya, kami akan bermain dengan segala kemampuan di lapangan," lanjutnya.


Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Yordania U-23 dengan skor 4-1. Pertandingan itu berlangsung di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium pada Minggu, 21 April 2024 malam WIB.


Marselino Ferdinan (menit ke-23, menit ke-70), Witan Sulaeman (menit ke-40), dan Komang Teguh (menit ke-86) mencatatkan namanya sebagai pencetak gol dalam kemenangan telak Timnas Indonesia U-23. Gol bunuh diri Justin Hubner (menit ke-79) menjadi gol hiburan bagi Yordania U-23.


Kemenangan ini membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak perempatfinal Piala Asia U-23 2024 bersama dengan Qatar U-23. Mereka finis sebagai runner-up Grup A dengan mengumpulkan enam poin.


Prestasi ini menjadi sejarah karena merupakan kali pertama Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024, terutama sebagai tim debutan.


Selanjutnya, Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi juara Grup B di babak perempatfinal. Saat ini, Jepang dan Korea Selatan bersaing untuk menjadi juara Grup B setelah keduanya mengumpulkan enam poin dari dua pertandingan.(BY)