BNPB: Ribuan Rumah Rusak Akibat Erupsi Gunung Ruang, Status Siaga Diturunkan -->

Iklan Atas

BNPB: Ribuan Rumah Rusak Akibat Erupsi Gunung Ruang, Status Siaga Diturunkan

Selasa, 23 April 2024

 

Pengungsi erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. .


Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat dampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, dengan 3.614 rumah rusak sedang hingga berat. Status gunung api aktif tersebut kini diturunkan ke Level III Siaga.


"Estimasi rumah terdampak, ini terdampak rusaknya bervariasi dari berat, sedang hingga ringan berjumlah 3.614 rumah," ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam Disaster Briefing pada Selasa (23/4/2024).


Jumlah pengungsi telah berkurang menjadi 3.582 jiwa dari sebelumnya 6.045 jiwa, termasuk dari dua desa di Pulau Gunung Ruang. Penurunan jumlah pengungsi terlihat sejak Senin (22/4/2024).


"Pengungsi yang masih bertahan kebanyakan karena rumah mereka rusak berat di Pulau Gunung Ruang. Sementara warga Tagulandang yang rumahnya masih berada dalam radius 4 kilometer harus dievakuasi dengan status Level III Siaga," tambahnya.


Status Gunung Ruang diturunkan menjadi Level III berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Aktivitas gunung tersebut saat ini terbatas hanya pada emisi asap tanpa aktivitas vulkanik yang signifikan.(des)