Bupati Solok Selatan Tekankan Pentingnya Festival Durian dalam Pengembangan UMKM -->

Iklan Atas

Bupati Solok Selatan Tekankan Pentingnya Festival Durian dalam Pengembangan UMKM

Sabtu, 20 April 2024

 

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi berkeliling dilokasi festival durian di Pulau Mutiara Nagari Lubuk Gadang Utara.


Solok Selatan - Bupati Khairunas dari Solok Selatan menyatakan bahwa festival durian adalah langkah strategis untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.


"Kami berharap Solok Selatan tidak hanya dikenal sebagai produsen durian, tetapi juga sebagai penghasil produk olahan durian yang bernilai tambah, untuk memberi dampak positif pada perekonomian," ujarnya di Padang Aro pada hari Sabtu.


Menurutnya, diversifikasi produk durian, seperti dodol dan permen durian, memungkinkan pasar yang lebih luas dan meningkatkan nilai tambah bagi durian asli Solok Selatan.


"Pemerintah berkomitmen untuk mendukung UMKM dalam pengembangan produk, baik dari segi kualitas, kemasan, promosi, maupun pemasaran. Festival durian juga menjadi ajang untuk mempromosikan budaya Solok Selatan," tambahnya.


Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda, memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan festival tahunan ini.


"Ini adalah kesempatan yang baik bagi nagari lain di Solok Selatan untuk mengadakan event serupa guna mendukung ekonomi lokal," ujarnya.


Festival durian Solok Selatan 2024 berlangsung dari tanggal 16 hingga 19 April 2024 di Pulau Mutiara Nagari Lubuk Gadang Utara. Acara tersebut diakhiri dengan makan bersama durian dan lamang serta pembagian ribuan buah durian oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.(des)