Bupati Suhatri Bur Tinjau CJH Padang Pariaman Tahun 2024 Ikuti Tahapan Periksa Kesehatan -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Bupati Suhatri Bur Tinjau CJH Padang Pariaman Tahun 2024 Ikuti Tahapan Periksa Kesehatan

Rabu, 17 April 2024
Bupati Suhatri Bur bersama Tim Pemeriksa Kesehatan kepada CJH Padang Pariaman di Masjid Raya Komplex Kantor Bupati, Rabu 17 April 2024 (foto.doc.ikp)


Parik Malintang - Bupati Suhatri Bur meninjau langsung tahapan periksa kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Padang Pariaman tahun 2024.


Kegiatan pengukuran kebugaran jasmani dan periksa kesehatan ini di fasilitasi Dinas Kesehatan berlangsung di Masjid Raya dan halaman Kantor Bupati, Parik Malintang, Rabu, (17/04/2024).


Bupati Suhatri Bur menyebut, pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani ini merupakan salah satu syarat penting bagi CJH untuk dapat menunaikan ibadah haji ke tanah suci. 


"Prosesi ibadah haji merupakan ibadah fisik yang membutuhkan stamina dan ketahanan tubuh yang kuat. Karena itu, CJH harus dalam kondisi kesehatan yang prima agar dapat mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji berjalan dengan lancar," tuturnya.


Dia berpesan kepada CJH agar dapat mengikuti seluruh rangkaian pemeriksaan kesehatan dan pengukuran kebugaran jasmani dengan seksama. 


Pasalnya, kata Suhatri Bur, hasil pemeriksaan ini akan menjadi dasar bagi CJH untuk mendapatkan pembinaan kesehatan lebih lanjut.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aspinudin menjelaskan, CJH Padang Pariaman tahun 2024 berjumlah 245 orang dan di dampingi Dokter, Perawat, Ketua Kloter, dan Petugas Haji Daerah (PHD).


Dia berharap kepada seluruh CJH untuk dapat mempersiapkan diri menjelang keberangkatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Juga cukupi kebutuhan gizi dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, istrihat yang cukup, serta aktivitas fisik minimal 30 menit per-hari.


"Untuk melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyu' nantinya, akan di butuhkan kondisi kesehatan yang prima" sebutnya.


Ia menambahkan, kami telah berkomitmen membantu CJH agar dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan khusyu'. Dan, kembali ke tanah air dengan selamat juga sehat.


Sebelumnya, Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kankemenag  Padang Pariaman Adri Ahmad memaparkan beberapa hal penting terkait keberangkatan CJH ke tanah suci, juga hal-hal teknis lainnya.


Ia mengimbau CJH untuk kembali meluruskan niat dengan mengikuti segala prosedur keberangkatan secara tertib.


Terutama sekali, kata Adri Ahmad, mulai dari pemeriksaan kesehatan dan kebugaran, vaksin meningitis, manasik haji. Bahkan, hanya membawa berkas dan peralatan yang di perlukan saja.


"CJH Padang Pariaman berada pad gelombang 1 kloter 7. Insya' Allah akan di berangkatkan 24 Mei 2024 dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM)," terang Adri Ahmad.(rsaco).