Bus Rosalia Indah Alami Kecelakaan di KM 370 Tol Batang-Semarang -->

Iklan Atas

Bus Rosalia Indah Alami Kecelakaan di KM 370 Tol Batang-Semarang

Senin, 15 April 2024

Bus Rosalia Indah Kecelakaan.


Jakarta - Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di Tol Batang-Semarang KM 370 A, yang mengakibatkan kematian 7 penumpang dari total 32 penumpang.


"Bus tersebut membawa 32 penumpang, 1 sopir, dan 1 kondektur, dengan total 34 orang di dalam bus," ujar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, Kabid Humas Polda Jateng, Kamis (11/4/2024).


Dikutip Senin (15/4/2024), berikut adalah fakta-fakta penting terkait insiden tersebut:


7 Penumpang Meninggal Dunia

Insiden ini menyebabkan kematian 7 penumpang pada hari kejadian.


"Bus membawa 32 penumpang, 1 sopir, dan 1 kondektur, total 34 orang di dalam bus," kata Kombes Satake Bayu Setianto.


Pemilik Bus Rosalia Indah

Bus Rosalia Indah didirikan oleh pasangan suami-istri Yustinus Soeroso (Om Roso) dan Yustina Rahyuni Soeroso pada tahun 1983.


Pasangan ini memulai usaha bus mereka dengan satu unit Colt Diesel yang dikenal dengan sebutan "Bibit Kawit" dengan rute Solo-Blitar. Usaha mereka berkembang dengan membuka layanan perjalanan di rute Yogyakarta-Surabaya dan Yogyakarta-Blitar/Malang.


Perjalanan 8 Tahun

Setelah delapan tahun membangun bisnis, pada tahun 1991 mereka memiliki lima bus non-AC dengan sasis Hino dan mendapatkan izin untuk membuka usaha biro perjalanan umum. Kemudian, pada tahun 2015, Rosalia Indah menjadi perusahaan yang terdaftar secara resmi dengan nama PT Rosalia Indah Transport.


Pada tahun 1990, PO Rosalia Indah mulai menyediakan layanan antar kota dalam provinsi (AKDP) dan kemudian berkembang ke antar kota antar provinsi (AKAP). Perusahaan ini tumbuh pesat dengan sekitar 1.000 karyawan dan 140 kantor perwakilan serta agen di Jawa dan Sumatera.


Tekad Seorang Anak Buruh Tani

Sejarah PO Rosalia Indah tidak terlepas dari tekad Om Roso yang berasal dari keluarga petani miskin. Semangatnya untuk meningkatkan kehidupan keluarga membantu membangun bisnis tersebut.


Penanganan Insiden di Lapangan

Manajemen Rosalia Indah menyatakan fokus pada penanganan di lokasi kejadian.


"Kami akan memberikan pernyataan resmi setelah kami menyelesaikan penanganan di lapangan," kata Yovie Aganovic, Marketing Assistant Manager Rosalia Indah.


Pengemudi Diduga Mengantuk

Saat bus mencapai lokasi KM 370+200 jalur A, diduga sopir mengantuk sehingga bus keluar dari jalur.


Korban Dievakuasi, Sopir Ditahan Polisi

Selain korban tewas, kecelakaan ini juga melukai 15 orang. Korban luka-luka dan korban meninggal dunia dibawa ke RS Weleri Kendal.


Sopir bus telah ditahan oleh polisi lalu lintas, sementara semua korban tewas merupakan penumpang bus.(BY)