Cara Efektif Mencuci Mobil Tanpa Meninggalkan Bau Lembap -->

Iklan Atas

Cara Efektif Mencuci Mobil Tanpa Meninggalkan Bau Lembap

Kamis, 18 April 2024

Usai mudik Lebaran 2024, jangan lupa cuci mobil.


Jakarta - Setelah perjalanan mudik ke kampung halaman, pastikan untuk membersihkan kendaraan Anda. Selama mudik, mobil Anda mungkin menempuh jarak jauh dalam waktu lama dan menghadapi cuaca yang tidak menentu.


Inilah saat yang tepat untuk membersihkan kendaraan setelah mudik agar tetap dalam kondisi baik.


Menurut laman toyota.astra, berikut adalah cara mencuci mobil hingga kering tanpa meninggalkan bau lembap:


Membersihkan bodi mobil

Semprotkan air bertekanan ke kolong mobil dan ban untuk menghilangkan kotoran yang menempel, terutama sisa air hujan.


Lalu, cuci bodi mobil, mulai dari atap, agar kotoran dapat mengalir ke bawah. Gunakan sampo mobil untuk mencuci bodi mobil dan bilas untuk menghilangkan kotoran.


Membersihkan ruang mesin

Sebaiknya hindari mencuci ruang mesin dengan air bertekanan karena bisa menyebabkan korsleting. Sebagai gantinya, gunakan lap basah atau microfiber untuk mengangkat kotoran di ruang mesin. Cairan pembersih khusus dapat membantu membersihkan area ini. Gunakan sikat lembut untuk membersihkan celah yang sulit dijangkau.


Membersihkan kabin mobil

Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Setiap material interior memerlukan perawatan yang berbeda. Mulailah dengan mengeluarkan semua karpet mobil dan mencucinya dengan sabun. Pastikan karpet kering sempurna dengan menjemurnya di tempat yang terkena sinar matahari langsung untuk mencegah kelembapan dan bau.


Penggunaan vacuum cleaner dapat membantu membersihkan seluruh bagian dalam mobil hingga ke celah-celah yang sulit dijangkau, termasuk remahan makanan. Jika jok mobil berbahan kain atau fabric, lepaskan dan cuci dengan hati-hati.


Membersihkan bagasi mobil

Bersihkan bagasi mobil, terutama jika memiliki bagasi yang menyatu dengan kabin seperti SUV dan MPV. Jika bagasi terpisah, seperti pada sedan, pastikan juga untuk membersihkannya. Keluarkan karpet bagasi, cuci dengan sabun, dan pastikan benar-benar kering untuk mencegah bau lembap.


Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan setiap sudut bagasi guna memastikan tidak ada kotoran tersisa. Perhatikan juga area penyimpanan ban serep untuk mencari kotoran yang tersembunyi serta membersihkan ban serep dan pelek.(BY)