Cara Efektif Menghindari Motor Mogok di Jalan -->

Iklan Atas

Cara Efektif Menghindari Motor Mogok di Jalan

Senin, 15 April 2024

Antisipasi motor mogok di jalan, perhatikan hal ini.


Jakarta - Mengalami motor mogok di jalan bisa sangat menyebalkan, terutama jika sedang terburu-buru.


Motor mogok biasanya terjadi karena proses pembakaran di mesin tidak berjalan dengan semestinya. Tiga faktor penting agar mesin berfungsi normal adalah pasokan bahan bakar, kompresi, dan pengapian yang baik.


Jika salah satu dari ketiga faktor tersebut terganggu atau tidak terpenuhi, mesin mungkin tidak bisa menyala dan akhirnya mogok.


Berikut beberapa tips untuk mencegah motor mogok di jalan, berdasarkan laman Wahana Honda, Sabtu (13/4/2024):


Pastikan Bahan Bakar Cukup

Selalu cek apakah bahan bakar di tangki masih cukup. Kebiasaan membiarkan tangki kosong bisa membuat motor mogok.


Pastikan pasokan bahan bakar menuju mesin tidak terhalang sehingga mesin bisa berfungsi dengan baik.


Hindari membeli bahan bakar eceran karena sering kali bahan bakar eceran tercampur air. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan oleh pabrikan.


Filter Udara Harus Bersih

Periksa filter udara secara rutin untuk memastikan tidak ada kotoran yang menyumbat. Pastikan aliran udara ke mesin berjalan lancar. Hindari masuknya air ke filter udara karena bisa menyebabkan motor mogok.


Hindari Modifikasi Berlebihan

Jangan berlebihan dalam memodifikasi motor. Modifikasi yang terlalu ekstrem bisa menyebabkan motor mogok. Juga, modifikasi berlebihan dapat membatalkan garansi motor.


Aliran Listrik Baik

Pastikan komponen-komponen listrik berfungsi dengan baik, terutama pada motor yang masih menggunakan CDI (Capacitor Discharge Ignition). Pastikan komponen CDI dalam kondisi baik.


Cara mengecek CDI adalah dengan melepas kabel busi dan mendekatkannya ke bagian logam seperti mesin. Kemudian, coba starter mesin menggunakan kick starter atau electric starter. Jika terlihat percikan api dari ujung kabel, maka suplai listrik masih baik.


Untuk motor dengan ECU, disarankan melakukan servis di bengkel resmi setiap 2 bulan sekali karena mereka memiliki alat khusus untuk memeriksa komponen ECU.


Pastikan melakukan pemeriksaan dan perawatan berkala di bengkel resmi agar seluruh fitur dan komponen motor, termasuk ban, tetap optimal.(BY)