Daftar Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia 2024, New York Pimpin Lagi -->

Iklan Atas

Daftar Kota dengan Miliarder Terbanyak di Dunia 2024, New York Pimpin Lagi

Minggu, 28 April 2024

10 kota dengan miliarder terbanyak di dunia


Jakarta - Daftar 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia pada tahun 2024 telah dirilis. Tercatat bahwa ada 2.781 miliarder yang tersebar di berbagai belahan dunia. Mayoritas dari mereka memilih untuk tinggal di kota-kota elit.


Menurut daftar miliarder versi Forbes tahun 2024, seperempat dari total miliarder dengan kekayaan gabungan mencapai USD3 triliun memilih untuk menetap di salah satu dari sepuluh kota elit yang terletak di enam negara.


New York tetap menjadi kota pilihan bagi sebagian besar miliarder di dunia. Kota ini menjadi tempat tinggal bagi 110 miliarder dengan kekayaan bersama mencapai USD694 miliar.


Komunitas miliarder New York terdiri dari 62 orang yang bergerak di Wall Street dan sektor keuangan, 14 tokoh real estate, dan 12 figur dalam industri fesyen dan ritel. New York telah konsisten mendominasi daftar ini, menempati peringkat pertama kecuali pada satu kesempatan dalam 11 tahun terakhir.


Di peringkat kedua, ada Hong Kong dan Moskow, masing-masing dengan 74 miliarder. Status otonom Hong Kong menjadi keuntungan tersendiri, sementara Moskow naik peringkat karena pulihnya ekonomi Rusia setelah krisis akibat invasi ke Ukraina pada tahun 2022.


Berikut adalah daftar 10 kota dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia versi Forbes pada tahun 2024:


New York

New York menjadi rumah bagi sekitar 110 miliarder dengan total kekayaan USD694 miliar. Orang terkaya di New York adalah Michael Bloomberg dengan kekayaan USD106 miliar.


Beberapa miliarder baru juga memilih tinggal di New York, termasuk Jean Madar, salah satu pendiri Interparfums, dan Assaf Rappaport, pendiri startup keamanan cloud, Wiz.


Moskow

Moskow memiliki 74 miliarder dengan total kekayaan mencapai USD378 miliar. Vagit Alekperov adalah salah satu miliarder terkaya dengan kekayaan sekitar USD28,6 miliar.


Jumlah miliarder Moskow meningkat selama konflik Rusia-Ukraina, menambah kekayaan mereka sebesar USD50 miliar, yang membuat Moskow melonjak dari peringkat keenam menjadi peringkat kedua.


Hong Kong

Hong Kong juga memiliki 74 miliarder dengan total kekayaan USD326 miliar. Li Ka-shing adalah miliarder terkaya Hong Kong dengan kekayaan USD37,3 miliar.


Beberapa miliarder baru termasuk Jean-Louis van der Velde, pendiri Tether dan Bitfinex, serta Solina Chau, pendiri Horizons Ventures.


Mumbai

Mumbai memiliki 69 miliarder dengan total kekayaan USD379 miliar. Mukesh Ambani adalah miliarder terkaya Mumbai dengan kekayaan USD116 miliar.


Mumbai juga menjadi rumah bagi sejumlah miliarder baru, termasuk Mukesh Ambani dan Shapoor Mistry, pengendali Shapoorji Pallonji Group.


Beijing

Beijing memiliki 63 miliarder dengan total kekayaan USD211 miliar. Zhang Yiming adalah miliarder terkaya Beijing dengan kekayaan USD43,4 miliar.


Beijing juga menyambut dua miliarder baru pada tahun 2024, yaitu Dai Wenyuan, pendiri 4Paradigm, perusahaan perangkat lunak AI, dan Zheng Fan, direktur di Li Auto, produsen kendaraan listrik.


London

London memiliki 62 miliarder dengan total kekayaan USD326 miliar. Len Blavatnik adalah miliarder terkaya London dengan kekayaan USD32,1 miliar.


Meskipun mengalami penurunan peringkat, London tetap menjadi tempat bagi beberapa miliarder terkaya, termasuk Mohamed Al Fayed yang meninggal dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997.


Shanghai

Shanghai memiliki 54 miliarder dengan total kekayaan USD167 miliar. Colin Huang adalah miliarder terkaya Shanghai dengan kekayaan USD38,9 miliar.


Meskipun mengalami penurunan jumlah miliarder, Shanghai tetap menyambut delapan pendatang baru, sebagian besar dari industri dan teknologi.


Los Angeles

Los Angeles memiliki 53 miliarder dengan total kekayaan USD222 miliar. John Tu adalah miliarder terkaya Los Angeles dengan kekayaan USD13,6 miliar.


Penambahan miliarder dari kalangan selebritis seperti LeBron James, Kim Kardashian, dan Rihanna mendorong Los Angeles masuk ke dalam peringkat 10 besar.


Singapura

Singapura memiliki 52 miliarder dengan total kekayaan USD156 miliar. Eduardo Saverin adalah miliarder terkaya Singapura dengan kekayaan USD28 miliar.


Singapura terus menjadi tujuan populer bagi kalangan ultra kaya, dengan penduduk terkenal termasuk Burhan Karim, yang menjalankan perusahaan minyak sawit Musim Mas.


San Francisco

San Francisco memiliki 50 miliarder dengan total kekayaan USD185 miliar. Dustin Moskovitz adalah miliarder terkaya San Francisco dengan kekayaan USD18,3 miliar.


Miliarder San Francisco banyak berasal dari Silicon Valley, termasuk David Cheriton, profesor ilmu komputer Stanford. Enam pendatang baru juga masuk dalam daftar ini, termasuk Ivan Zhao, CEO Notion, dan Sam Altman, kepala OpenAI dan investor teknologi.(BY)