Deri Asta Resmi Mendaftarkan Diri ke DPC PKB Kota Sawahlunto sebagai Bakal Cakada -->

Iklan Atas

Deri Asta Resmi Mendaftarkan Diri ke DPC PKB Kota Sawahlunto sebagai Bakal Cakada

Jumat, 26 April 2024
Ketua DPC PKB Sawahlunto Ronny Eka Putra menerima berkas pendaftaran Deri Asta. (foto ist) 


Sawahlunto, fajarsumbar.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Sawahlunto, Sumatera Barat resmi melaunching Desk Pilkada sekaligus membuka pendaftaran bakal Calon Kepala Daerah (Cakada) dan bakal Calon Wakil Kepala Daerah (Cawakada) Kota Sawahlunto. 


Hal ini merespon arahan DPP PKB yang telah melaunching Desk Pilkada pendaftaran calon kepala daerah seluruh Indonesia pada 20 April 2024 lalu.


Ketua DPC PKB Kota Sawahlunto Ronny Eka Putra, S.Si menyampaikan bahwa mulai hari ini Jum'at (26/4/2024), pihaknya telah membuka pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota untuk Pilkada yang dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang. 


"Pendaftaran ini mulai dibuka sejak hari ini sampai 15 Mei 2024," ujar Ronny Eka Putra di kantor PKB Kota Sawahlunto. 


Ronny menyebut syarat pendaftaran ini dilakukan dengan penginputan data secara online melalui aplikasi Sicakada PKB. 


"Uji kelayakan kepatutan akan dilaksanakan oleh Desk DPP PKB," sambungnya kemudian. 


Ronny menjelaskan, proses penjaringan, penetapan dan pemenangan pasangan Cakada dilandaskan atas prinsip-prinsip dasar; keterbukaan, kesetaraan, keadilan, kepastian hukum dan penguatan kelembagaan partai. 


"Prinsip-prinsip inilah yang menjadi pedoman utama bagi dewan pengurus partai di semua tingkatan dan calon Kada yang direkrut oleh PKB," urainya. 


Desk Pilkada PKB Sawahlunto langsung di diketuai Ronny Eka Putra, berkas diterima lalu petugas desk meng-upload untuk diteruskan ke Desk DPP PKB. Setelah diterima dan dicermati oleh Desk DPP PKB, berkas yang diterima lalu dikembalikan ke Desk PKB Sawahlunto untuk diserahkan kepada yang bersangkutan. 


"Dan PKB membuka seluas-luasnya untuk putra putri terbaik dengan tagline 'PKB Memanggil'. Nantinya DPP PKB yang akan memutuskan, siapa paslon yang akan diusung," sebutnya. 


Ronny Eka Putra mengatakan pada hari pertama dibukanya pendaftaran ini, Deri Asta langsung melakukan pendaftaran menjadi bakal calon wali Kota Sawahlunto. 


"PKB Kota Sawahlunto juga sedang menunggu pendaftaran dari Ir. H. Dahler Djamaris Dt. Pangulu Sati, M.Sc, Haji Buyung Lapau S.Sos, M.Si dan Prof. Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si berdasarkan komunikasi dengan Tim Desk PKB Kota Sawahlunto," ucapnya. (ton