Di Peringatan HKBN 2024, 100 Bibit Cemara Laut dan Ketapang Ditanam -->

Iklan Atas

Di Peringatan HKBN 2024, 100 Bibit Cemara Laut dan Ketapang Ditanam

Jumat, 19 April 2024

 

.

Padang - Kota Padang didaulat menjadi tuan rumah penyelenggaraan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) tahun 2024. Kegiatan berskala nasional ini digelar 26 April 2024 mendatang. 


Menariknya, di peringatan HKBN ini ratusan tanaman ditanam di sepanjang pesisir Pantai Padang. Hal itu diakui Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani, Rabu (17/4/2024). 


"Sebanyak 100 bibit Ketapang dan Cemara Laut ditanam di saat peringatan HKBN nanti," jelas Yoice. 


Yoice menjelaskan, 100 bibit itu ditanam di kawasan Pantai Cimpago. Rencananya, perwakilan dari setiap daerah peserta akan menanam bibit itu secara serentak.  "Bibitnya sudah kami siapkan," jelas Yoice. 


Sementara itu, Kalaksa BPBD Kota Padang Hendri Zulviton berharap HKBN tahun ini akan dihadiri banyak pihak. Serta disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia secara streaming. 


"Kita harapkan melalui kegiatan ini masyarakat paham akan bencana dan mengetahui kesiapsiagaan menghadapi bencana, serta apa yang harus dilakukan saat bencana datang," sebutnya. 


Kalaksa menyebut, simulasi evakuasi bencana perlu dilakukan agar ada kesiapan fisik, mental dan pemahaman bila bencana benar-benar terjadi. Masyarakat perlu memahami perilaku (SOP) apabila ada bencana gempabumi sehingga korban jiwa saat bencana dapat diminimalisir. (Charlie/Hariz)