Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Taiwan, Getaran Terasa hingga Jepang dan Filipina -->

Iklan Atas

Gempa Magnitudo 7,7 Guncang Taiwan, Getaran Terasa hingga Jepang dan Filipina

Kamis, 04 April 2024

Update situasi terkini gempa Taiwan.


Jakarta - Sebuah gempa bermagnitudo 7,7 mengguncang Taiwan pada pagi Rabu (3/4), menyebabkan getaran yang terasa hingga ke Jepang dan Filipina.


Gempa besar ini, yang terjadi sekitar pukul 07.58 waktu lokal, berpusat di selatan kota Hualien, pantai timur Taiwan, dengan kedalaman 15,5 kilometer.


Dampak dari bencana alam ini sangat merusak, menelan korban jiwa dan merusak bangunan publik. Beberapa warga negara Indonesia di Taiwan juga terdampak oleh kejadian tersebut.


Guncangan hebat magnitudo 7,7 ini menyebabkan runtuhnya beberapa gedung dan bangunan serta gangguan pada jaringan internet dan listrik di beberapa wilayah.


Video dan gambar yang beredar di media sosial menunjukkan bangunan-bangunan di kota Hualien yang roboh akibat gempa tersebut. Selain itu, banyak jalan yang retak dan amblas, termasuk bukit yang longsor di kejauhan setelah guncangan.


Akibatnya, jalur rel milik Biro New Taipei Rapid Transit atau MRT Taiwan juga bergeser, terutama di ruas jalur baru MRT dan stasiun Zhongyuan. Pemerintah kota Taipei telah mengambil langkah untuk menghentikan sementara operasional MRT karena kondisi tersebut.(des)