Hukuman FIFA: Lima Klub Indonesia Terlarang Mendaftar Pemain Baru -->

Iklan Atas

Hukuman FIFA: Lima Klub Indonesia Terlarang Mendaftar Pemain Baru

Selasa, 02 April 2024

 

ilustrasi


Jakarta - Data FIFA yang dirilis pada Januari 2024 mencatat lima klub sepak bola Indonesia terkena hukuman larangan mendaftarkan pemain baru. Klub-klub tersebut antara lain Persiwa Wamena, Persija Jakarta, Persikab Kabupaten Bandung, Persiraja Banda Aceh, dan Sada Sumut FC.


Hukuman ini diberlakukan berdasarkan pelanggaran peraturan transfer atau utang transfer yang belum dibayarkan ke klub lain. Persija, Persikab, Persiraja, dan Sada Sumut menerima larangan selama tiga periode pendaftaran, sementara Persiwa akan menghadapi hukuman hingga dicabut oleh FIFA.


Meski terkena larangan, klub masih dapat merekrut pemain baru tetapi tidak diperbolehkan untuk mendaftarkannya dalam pertandingan. Hukuman dapat dicabut jika klub melunasi utang atau melalui proses banding yang berhasil.


Kasus serupa juga menimpa klub-klub tenar dari berbagai negara seperti Chievo Verona (Italia), Independiente (Argentina), Al Ain (Arab Saudi), Kelantan FC (Malaysia), dan Kuala Lumpur City FC (Malaysia), yang turut terdaftar dalam daftar hukuman registration bans FIFA.(des)