Investasi Berkelas, Kisah Pemilik Klub Sepak Bola Indonesia di Benua Biru -->

Iklan Atas

Investasi Berkelas, Kisah Pemilik Klub Sepak Bola Indonesia di Benua Biru

Sabtu, 20 April 2024

Ketum PSSI dan Pemilik Klub Sepakbola Erick Thohir.


Jakarta – Sepakbola memang menjadi daya tarik bagi banyak orang di Indonesia. Meskipun begitu, tak banyak yang tahu bahwa beberapa pemilik perusahaan besar di Indonesia ternyata juga memiliki klub sepak bola di Eropa.


Para konglomerat ini memilih klub sepak bola Eropa sebagai salah satu bentuk properti mereka. Banyak konglomerat di Indonesia yang telah memiliki sebagian saham dari beberapa klub besar di Eropa.


Investasi dalam bentuk klub sepak bola semakin populer di kalangan artis Indonesia, mengubah sepakbola menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan dan kompetitif.


Berikut fakta-faktanya yang terungkap pada Sabtu (20/4/2024):


Bakrie Group Memiliki Klub Sepak Bola di Belgia

Bakrie Group, yang dikenal dengan keberbagai properti, ternyata juga memiliki klub sepak bola di Belgia. Klub tersebut adalah Cercle Sportif Vise yang berbasis di Vise, sebuah kota di timur Belgia. Meskipun begitu, Bakrie Group juga memberi kesempatan kepada beberapa pemain muda Indonesia untuk bermain di klub ini.


Ketua PSSI, Erick Thohir, memiliki saham di Oxford United

Erick Thohir, selain menjabat sebagai Menteri BUMN, juga menjadi Ketua PSSI periode 2023-2027. Beliau memiliki saham di Oxford United, klub Divisi Satu Liga Inggris, serta di klub Indonesia, Persis Solo. Sebelumnya, Erick Thohir juga memiliki saham di klub Inter Milan dan DC United.


Grup Djarum Memiliki Klub Sepak Bola di Italia

Bos Grup Djarum, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, telah mengakuisisi Como 1907, sebuah klub yang bermain di Seri C Italia, melalui SENT Entertainment Ltd pada tahun 2019. Sejak diakuisisi oleh Grup Djarum, Como 1907 mengalami peningkatan signifikan setelah sebelumnya mengalami masa sulit. Bahkan, klub ini berhasil mendatangkan pemain-pemain kelas dunia seperti Cesc Fabregas dan Thierry Henry.


Sofjan Wanandi Membeli Saham Klub Tranmere Rovers

Sofjan Wanandi, yang merupakan salah satu orang terkaya ke-65 di Indonesia pada tahun 2021, juga memiliki investasi di klub sepak bola di Eropa. Melalui Santini Grup, Wanandi bersaudara membeli saham dari klub Tranmere Rovers yang bermain di League One, dua tingkat di bawah Premier League, di Inggris.(BY)