Jay Idzes Terpilih sebagai Pemain Terbaik dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia -->

Iklan Atas

Jay Idzes Terpilih sebagai Pemain Terbaik dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Selasa, 02 April 2024

Jay Idzes jadi pemain terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia


Fajarsumbar.id - Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, dipilih sebagai pemain terbaik pada matchday bulan Maret di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Jay berhasil meraih gelar tersebut melalui pemungutan suara.


Jay Idzes bermain dalam dua pertandingan pada laga ketiga dan keempat putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Dalam dua pertandingan tersebut, Jay berhasil menjaga lini pertahanan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam pada tanggal 21 dan 26 Maret 2024.


Prestasinya begitu memuaskan, pemain dari Venezia itu berhasil membantu Timnas Indonesia meraih dua kemenangan tanpa kebobolan. Pada pertandingan pertama, Timnas Garuda menang dengan skor 1-0. Kemudian, Timnas Indonesia kembali menang pada pertandingan kedua dengan skor 3-0.


Dua kemenangan tersebut membuat Jay masuk dalam daftar kandidat pemain terbaik pada matchday bulan Maret putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia versi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Jay terdaftar bersama 11 kandidat lainnya, termasuk bintang Tottenham Hotspurs Son Heung-min (Korea Selatan).


Namun, Jay berhasil unggul atas para pemain lainnya setelah mendapatkan suara tertinggi dalam pemilihan yang dilakukan AFC dari tanggal 29 hingga 31 Maret 2024. Pemain berusia 23 tahun itu berhasil mendapatkan 50 persen suara, disusul oleh Mousa Al-Taamari (Yordania) dengan 20 persen suara, dan Omar Khrbin (Suriah) dengan 14 persen suara.


Selanjutnya, Sharif Mukhammad (Afghanistan) mendapatkan 9 persen suara, dan terakhir Oday Dabbagh (Palestina) dengan 6 persen suara. AFC sendiri mengakui bahwa Jay melakukan debut yang gemilang bersama Timnas Indonesia.


"Jay Idzes, yang melakukan debutnya di Indonesia dengan clean sheet dalam kemenangan 1-0 melawan Vietnam di Matchday Ketiga, membawa segudang pengalaman bermain di klub-klub Belanda dan Italia," tulis AFC seperti yang dikutip dari situs resminya, pada Senin (1/4/2024).


Tak hanya menjadi benteng pertahanan yang solid, Jay juga mampu mencetak satu gol ke gawang Vietnam. Gol tersebut terjadi melalui sundulan keras setelah memanfaatkan tendangan sudut di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada Selasa (26/4/2024) lalu.(BY)