Jelang HKBN 2024, Persiapan Terus Dimatangkan -->

Iklan Atas

Jelang HKBN 2024, Persiapan Terus Dimatangkan

Jumat, 19 April 2024
.


Padang- Segala aspek terus disiapkan oleh Kota Padang yang didapuk sebagai tuan rumah puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang akan dilaksanakan pada 26 April mendatang.


Untuk memastikan berjalannya acara,  Direktur Kesiapsiagaan Pangarso Suryotomo mengunjungi Kota Padang, Kamis (18/4/2024). Saat tiba di Padang, ia langsung meninjau Gedung Youth Center sebagai pusat kegiatan peringatan HKBN.


Kalaksa BPBD Kota Padang Hendri Zulviton menyebut, kedatangannya ke Kota Padang untuk meninjau kesiapan acara Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024, sekaligus  memfinalkan rangkaian rundown acara yang akan dilaksanakan.


"Youth Center digunakan sebagai pusat kegiatan, namun juga akan diikuti oleh 17 provinsi, 30 kabupaten/kota secara live streaming. Insya Allah nanti bakal dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,  Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Kepala BMKG, Ketua Komisi VIII DPR RI dan unsur terkait lainnya," ujarnya.


Sambungnya, persiapan secara fisik di Youth Center tinggal difinalkan dalam beberapa waktu ke depan seperti internet yang digunakan live streaming, kemudian terkait evakuasi mandiri.


"Untuk evakuasi mandiri kita sudah mengimplementasikan  setiap tanggal 26 dengan membunyikan sirine, kemudian kelurahan tangguh bencana yang sudah diakui UNESCO, nantinya akan melakukan evakuasi mandiri seperti di sekolah, rumah ibadah, pasar dan tempat lainnya," terangnya.


Ia juga menjelaskan, terdapat lima poin kegiatan pada HKBN diantaranya kampanye keselamatan dan sosialisasi publik,  peningkatan kapasitas dan keterampilan masyarakat, kemudian pengecekan protap/SOP, kesiapan personil, logpal kebencanaan.


"Latihan penyelamatan diri evakuasi mandiri, uji alat peringatan dini, uji tempat evakuasi dan pengecekan jalur dan pemasangan rambu evakuasi serta latihan penyelamatan diri evakuasi mandiri," cecarnya. (MA/Charlie)