Kekurangan Saldo E-Toll di Gerbang Tol Kalikangkung Sebabkan Penundaan -->

Iklan Cawako Sawahlunto

Kekurangan Saldo E-Toll di Gerbang Tol Kalikangkung Sebabkan Penundaan

Sabtu, 13 April 2024

Arus Balik Lebaran 2024 


Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik menuju Jabotabek untuk memastikan saldo uang elektronik (e-toll) mereka mencukupi selama perjalanan.


Selama periode H-7 hingga H-2 arus mudik Idul Fitri 1445H (3-11 April 2024), sekitar 16 ribu kendaraan mengalami kekurangan saldo di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Tol Batang-Semarang. Di GT Kalikangkung, pengguna jalan membayar tarif tol dari Cikampek menuju Semarang.


Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, menyatakan jumlah tersebut mewakili 4% dari total 385 ribu kendaraan yang bertransaksi di GT Kalikangkung dalam periode yang sama.


Kekurangan saldo e-toll dan pengisian ulang di gardu tol menyebabkan penundaan waktu yang signifikan.


"Kami mencatat penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5% per jam. Biasanya kami dapat melayani lima kendaraan dalam satu menit, tetapi jika pengguna harus mengisi saldo di gardu tol, hanya satu kendaraan yang dapat dilayani," jelas Faiza dalam pernyataan resmi, Sabtu (13/4/2024).


Faiza juga mengingatkan pengguna jalan untuk mempersiapkan saldo e-toll yang cukup untuk arus balik, terutama dari arah Surabaya dan Semarang menuju Jakarta, dengan transaksi di GT Cikampek Utama Tol Jakarta-Cikampek.


Dari Semarang ke Jakarta, pengguna golongan 1 harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal Rp500.000, sementara pengguna dari Surabaya ke Jakarta perlu menyiapkan saldo minimal Rp1.000.000.


"Pengguna tol di Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif berdasarkan jarak) harus menggunakan e-toll yang sama saat masuk dan keluar tol, sehingga kekurangan saldo tidak bisa diatasi dengan meminjam kartu e-toll pengguna lain. Pastikan saldo e-toll mencukupi untuk menghindari antrean di gerbang tol," kata Faiza.


Jasa Marga mengingatkan pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, termasuk kecukupan saldo e-toll dan bahan bakar, serta kondisi kendaraan dan pengemudi dalam keadaan prima.(BY)