Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Malaysia, Langkah Menuju Perlindungan yang Lebih Baik -->

Iklan Atas

Kerja Sama Ketenagakerjaan Indonesia-Malaysia, Langkah Menuju Perlindungan yang Lebih Baik

Senin, 29 April 2024

RI-Malaysia perbarui aturan perlindungan pekerja migran


Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dan Menteri Sumber Manusia Malaysia yang baru, Sim Chee Keong, bertemu di Kuala Lumpur, Malaysia, untuk membahas pembaharuan MoU tentang perlindungan dan penempatan Pekerja Migran Indonesia di sektor formal tahun 2004.


Dalam pertemuan tersebut, Ida menyampaikan selamat kepada Sim Chee Keong dan mengajak untuk meningkatkan kerja sama kebijakan ketenagakerjaan antara kedua negara. Pembaharuan MoU menjadi prioritas karena aturannya sudah usang dan perlu disesuaikan dengan kondisi terkini.


Ida mengucapkan terima kasih atas pertemuan tersebut dan menegaskan pentingnya meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan bagi pekerja migran Indonesia agar menghasilkan dampak positif bagi kedua negara.


"Saya yakin, dengan dukungan Sim Chee Keong, kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Malaysia di bidang ketenagakerjaan dapat menghasilkan kemajuan yang nyata," ujar Ida.


Selain membahas pembaharuan MoU, keduanya juga mengadakan diskusi tentang isu-isu terkini terkait penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia. Hal ini penting karena isu-isu tersebut perlu disepakati sebelum pelaksanaan Joint Working Group keempat yang akan diadakan pada 9-11 Mei 2024 di Malaysia.(BY)