Khatam Al-Qur'an di Masjid Nurul Huda Nagari Barulak Dibuka Staf Ahli Bupati -->

Iklan Atas

Khatam Al-Qur'an di Masjid Nurul Huda Nagari Barulak Dibuka Staf Ahli Bupati

Minggu, 28 April 2024

Staf Ahli Bupati hadiri Khatam Al-Qur'an di Masjid Nurul Huda Nagari Barulak

 

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum, Erizanur hadiri dan membuka secara resmi pelaksanaan Khatam Al-Qur'an di Masjid Nurul Huda, Kapuk Koto Panjang, Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Baru Sabtu (27/4/24).


Erizanur menyampaikan apresiasi dengan terselenggaranya Khatam Al-Qur'an tersebut, yang telah berpartisipasi meningkatkan kehidupan beragama di tengah masyarakat. "Kami selaku Pemerintah Daerah dan pribadi berterimakasih dengan terselenggaranya Khatam Al-Qur'an di Nagari Barulak ini, karena telah ikut membantu program satu rumah satu hafiz," katanya.


Saat ini kata Erizanur, di Kabupaten Tanah Datar telah tercipta kurang lebih 20 ribu penghafal Al-Qur'an dengan minimal hafalan satu juz. Sedangkan untuk rumah tahfidz, telah tersebar di seluruh Kecamatan di Tanah Datar kurang lebih 500 rumah tahfidz.


Erizanur menyebut, menciptakan anak penghafal Al-Qur'an adalah upaya pemerintah daerah melalui program unggulan menciptakan generasi beriman, berkarakter, dan berdaya saing. "Karena pada 20 tahun yang akan datang anak penghafal Al-Qur'an saat inilah yang akan menjadi Bupati, Polisi, TNI di negeri ini," pungkasnya.


Sebelumnya, Jasrizal Kepala Jorong Kapuak Koto Panjang Ponco yang mewakili panitia menyampaikan, Khatam Al-Qur'an dilaksanakan selama dua hari Sabtu dan Minggu (27-28 April 2024). Adapun jumlah peserta diikuti 49 orang dengan dua kategori. Yaitu kategori anak-anak diikuti 31 orang dan kategori lanjut usia (lansia) diikuti 18 orang.


Sementara itu, tokoh masyarakat Nagari Barulak Riswan Dt. Paduko Sinaro mengatakan, kepada peserta khatam untuk tetap menjaga semangat mengaji. "Bagi peserta khatam Al-Qur'an jangan sampai setelah khatam, belajar Al-Qur'annya selesai pula. Sedangkan untuk peserta lansia agar selalu ditingkatkan," sampainya.


Terakhir Riswan katakan, sebagai penyemangat bagi generasi muda dalam belajar ilmu Al-Qur'an, dia memberikan hadian satu ekor kambing untuk pemenang satu dan dua. Sedangkan untuk lansia diberikan pengarahan berupa biaya umroh.


Turut hadir pada kesempatan itu Camat Tanjung Baru beserta Forkopimca, Wali Nagari Barulak beserta perangkat nagari, BPRN dan undangan lainnya. (F12)