Kisah Sukses Agoes Projosasmito, Dari Bankir Senior Hingga Raja Tambang -->

Iklan Atas

Kisah Sukses Agoes Projosasmito, Dari Bankir Senior Hingga Raja Tambang

Senin, 01 April 2024

Harta Orang Terkaya RI Ini Kian Banyak 


Jakarta - Kekayaan Agoes Projosasmito, yang merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia, terus meningkat. Setelah masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia menurut Forbes pada tahun 2023, kekayaan Agoes Projosasmito kini telah meningkat dari USD5,4 miliar menjadi USD6,1 miliar atau sekitar Rp96,9 triliun.


Menurut data miliarder real time, Agoes Projosasmito berada di peringkat 6 dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia.


Sumber kekayaan Agoes Projosasmito berasal dari bisnis pertambangan. Dia merupakan Presiden Komisaris dari Amman Mineral Internasional, perusahaan pertambangan tembaga dan emas terbesar kedua di Indonesia.


Agoes Projosasmito memiliki saham minoritas di perusahaan tersebut yang telah go public di Bursa Efek Indonesia pada bulan Juli 2023 dengan nilai IPO sebesar USD710 juta.


Selain itu, Agoes Projosasmito juga memiliki saham di perusahaan minyak dan gas Medco Energi Internasional serta perusahaan tambang batu bara Bumi Resources.


Sebelum terlibat dalam bisnis pertambangan, Agoes Projosasmito ternyata memiliki pengalaman selama 30 tahun sebagai seorang bankir senior. Karirnya dimulai sebagai Kepala Pasar Modal di Danareksa (Persero) pada tahun 1982.


Sebelum bergabung dengan Amman Mineral, dia menjabat sebagai CEO pendiri PT Ithaca Resources dan baru resmi menjadi Presiden Komisaris di Amman Mineral pada tanggal 23 September 2020.


Selain sebagai pemegang saham Amman Mineral International dan Medco Energi Internasional, Agoes Projosasmito juga merupakan pemilik mayoritas dari PSS Sleman. Dia memperoleh saham tersebut dari pemilik sebelumnya, Soekeno.(BY)