Langkah Honda, Mengungkap Rencana Megainvestasi di Ontario untuk Mobil Listrik -->

Iklan Atas

Langkah Honda, Mengungkap Rencana Megainvestasi di Ontario untuk Mobil Listrik

Senin, 29 April 2024

Honda siap gelontorkan dana segar hingga Rp178,6 triliun.


Fajarsumbar.id - Honda terus berinvestasi dalam pengembangan teknologi terbaru untuk tetap bersaing dengan merek lainnya. Langkah terbaru yang diambil adalah dengan menyuntikkan dana besar untuk mengembangkan fasilitas kendaraan listrik di Amerika Utara.


Baru-baru ini, Honda mengumumkan rencananya untuk menggelontorkan dana sebesar 11 miliar dolar AS (sekitar Rp178,6 triliun) untuk memproduksi mobil listrik di Provinsi Ontario. Perusahaan asal Jepang itu akan membangun pabrik kendaraan listrik dan pabrik baterai di sekitar fasilitas pabrik yang sudah ada di Alliston, Ontario. Pabrik ini akan memiliki kapasitas produksi sebesar 240.000 unit mobil listrik per tahun, yang rencananya akan dimulai pada tahun 2028.


Selain itu, Honda berencana untuk mendirikan pabrik pengolahan bahan aktif katoda dan prekursor, serta pabrik pemisah di sekitarnya. Fasilitas ini akan dibangun dengan dukungan dari mitra usaha patungan, yaitu POSCO Future M Co, Ltd dan Asahi Kasei.


Honda masih dalam proses negosiasi dengan mitra-mitra ini, dan akan mengumumkan rincian lebih lanjut terkait fasilitas tersebut, termasuk lokasinya, dalam enam bulan mendatang.


Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, menyambut baik langkah investasi Honda ini, menyebutnya sebagai investasi otomotif terbesar dalam sejarah Kanada. Pemerintah federal juga menyatakan bahwa kesepakatan ini akan membawa pada pembentukan rantai pasokan kendaraan listrik komprehensif pertama di Kanada.


Pabrik mobil listrik Honda di Kanada akan didukung oleh Ohio EV Hub, yang akan memulai produksi kendaraan listrik pada tahun 2025. Honda telah menginvestasikan 700 juta dolar AS untuk memperbarui pabrik yang sudah ada di sana. Rencananya, akan dikeluarkan tambahan dana sebesar 4,4 miliar dolar AS untuk membangun pabrik baterai di dekatnya.


Kedua investasi ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang Honda. Perusahaan ini menargetkan bahwa kendaraan listrik dan kendaraan listrik sel bahan bakar hidrogen akan menyumbang 100 persen dari penjualannya pada tahun 2040.


Pada tahun 2050, Honda memiliki target untuk membuat seluruh aktivitas bisnisnya di seluruh dunia menjadi netral karbon. Ini juga sejalan dengan rencana mereka untuk hanya menjual kendaraan listrik pada tahun yang sama.


"Tindakan kami untuk membangun kemampuan produksi kendaraan listrik di Amerika Serikat diikuti dengan upaya formal kami untuk membentuk rantai nilai kendaraan listrik yang komprehensif di Kanada, dengan dukungan penuh dari pemerintah Kanada dan Ontario," kata Toshihiro Mibe, CEO Honda seperti dilaporkan oleh Carscoops.


"Kami bertekad untuk memperkuat sistem pasokan dan kapabilitas kendaraan listrik kami, dengan tujuan meningkatkan permintaan kendaraan listrik di Amerika Utara di masa depan," tambahnya.(BY)