Makin Seru, Tiga Bakal Cakada Siap Bertarung di Pilkada Sawahlunto Rebut Hati Masyarakat -->

Iklan Atas

Makin Seru, Tiga Bakal Cakada Siap Bertarung di Pilkada Sawahlunto Rebut Hati Masyarakat

Sabtu, 27 April 2024

Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Sawahlunto Ir. H. Dahler Djamaris Dt. Pangulu Sati, M.Sc diterima langsung Ketua Desk DPC PKB Sawahlunto Ronny EKa Putra S.Si saat mendaftar. (foto anton



Sawahlunto, fajarsumbar.com - Makin seru saja percaturan bakal calon kepala daerah Kota Sawahlunto sejak dibukanya pendaftaran oleh Desk DPC PKB Sawahlunto mengusung tagline 'PKB Memanggil' yang pendaftarannya telah dibuka dari 25 April hingga 15 Mei 2024 mendatang. 


Tiga orang bakal calon kepala daerah di prediksi akan bertarung dalam bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Sawahlunto periode 2024-2029 yang akan diselenggarakan pada 27 November 2024 nanti.


Ketiga orang itu, sejauh ini Deri Asta dan Taufik Syahrial telah mendaftarkan diri kepada sejumlah partai di Kota Sawahlunto. 


Potensi pertarungan tersebut terungkap usai Ketua DPD PAN Sawahlunto Deri Asta mendaftarkan diri ke DPC PKB Sawahlunto sebagai Cakada, Jum'at (26/4/2024) kemarin. 


Ditambah satu orang lagi Prof. Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si juga menyatakan diri siap menjadi orang nomor satu di Kota Sawahlunto saat mendaftarkan diri ke Desk DPC PKB Sawahlunto, Sabtu (27/4/2024). 


Hari kedua Desk DPC PKB membuka pendaftaran, terpantau Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Sawahlunto Ir. H. Dahler Djamaris Dt. Pangulu Sati, M.Sc, turut mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil kepala daerah yang memang kader asli dari PKB. 


Ia menyampaikan motivasi dirinya maju sebagai bakal calon wakil kepala daerah untuk mewujudkan Kota Sawahlunto yang adil dan makmur untuk semua secara merata. 


Dijelaskan Dahler, misi pertamanya untuk memastikan ketersediaan kebutuhan pangan, bahan pokok dan biaya hidup yang murah melalui kemandirian pangan, ketahanan energi dan kedaulatan air. 


Kedua, membangun kota dan desa berbasis kawasan yang manusiawi, berkeadilan dan saling memajukan. 


"Ketiga, mewujudkan masyarakat Sawahlunto yang sehat dan cerdas produktif, berakhlak dan berbudaya berasaskan adat basandi sarak, sarak basandi Kitabullah," ungkap Dahler yang juga menjabat Ketua LKAAM Kota Sawahlunto dan Ketua KAN Kolok. 


Ketua DPD NasDem Sawahlunto Rio Mardanil menyerahkan pendaftaran Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Taufik Syahrial Datuak Rajo Bagompo kepada Ketua Desk DPC PKB Sawahlunto Ronny EKa Putra S.Si. (foto anton

Selanjutnya Desk DPC PKB juga menerima pendaftaran dari Ketua DPD Partai NasDem Sawahlunto Rio Mardanil didampingi Adrial Ketua Bappilu DPD NasDem Sawahlunto untuk mendaftarkan Taufik Syahrial Datuak Rajo Bagompo Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat fraksi NasDem menjadi bakal calon kepala daerah. 


Prof. Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si saat mendaftarkan diri ke Desk DPC PKB Sawahlunto untuk menjadi bakal calon kepala daerah menyampaikan motivasinya maju pada Pilkada serentak 2024 atas anugerah ilmu yang diberikan oleh Allah SWT untuk kemaslahatan umat. 


"Kedua, saya sebagai putra asli ingin mengabdi. Saya sudah mengambil empat formulir dari DPD PAN, DPC Demokrat, DPD PKS dan DPC PKB. Direncanakan kami juga akan mendaftarkan diri ke partai-partai yang akan membuka pendaftaran nantinya," sebutnya saat diwawancarai fajarsumbar.com.


Profesor itu mengatakan visi dan misinya bagaimana mencerdaskan sanak keluarga yang ada di Kota Sawahlunto. Selain itu, mari bekerja bersama-sama membangun daerah. 


"Tidak bisa kita saja yang bekerja sendiri, semua komponen harus bersinergi," ungkapnya kemudian. 


Kedatangan Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kota Sawahlunto Ir. H. Dahler Djamaris Dt. Pangulu Sati, M.Sc, Ketua DPD Partai NasDem Sawahlunto Rio Mardanil didampingi Adrial Ketua Bappilu DPD NasDem Sawahlunto dan Prof. Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si beserta tim disambut hangat tim Desk DPC PKB Sawahlunto. 


Dalam SK Tim Desk DPC PKB tersebut digawangi oleh Ketua Desk DPC PKB Sawahlunto Ronny EKa Putra S.Si, Sekretaris Rani Suraida, Bendahara Gustiyara Widy, Divisi Kampanye Nasrul, Divisi Logistik Nico Adrian, Divisi Saksi Denasri. 


Prof. Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si saat mendaftarkan diri ke Desk DPC PKB Sawahlunto untuk menjadi bakal calon kepala daerah. (foto anton) 


Ketua Desk DPC PKB Sawahlunto Ronny EKa Putra S.Si, menyambut baik kedatangan para pendaftar bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah dengan membuka seluas-luasnya untuk putra putri terbaik. 


Ronny menyebut syarat pendaftaran ini dilakukan dengan penginputan data secara online melalui aplikasi Sicakada PKB. 


"Uji kelayakan kepatutan akan dilaksanakan oleh Desk DPP PKB," sambungnya kemudian. 


Ronny menjelaskan, proses penjaringan, penetapan dan pemenangan pasangan Cakada dilandaskan atas prinsip-prinsip dasar; keterbukaan, kesetaraan, keadilan, kepastian hukum dan penguatan kelembagaan partai. 


"Prinsip-prinsip inilah yang menjadi pedoman utama bagi dewan pengurus partai di semua tingkatan dan calon kada yang direkrut oleh PKB," pungkasnya. (ton