Masyarakat Pessel Diimbau Agar Waspada Cuaca Ekstrim -->

Iklan Atas

Masyarakat Pessel Diimbau Agar Waspada Cuaca Ekstrim

Wandi
Kamis, 18 April 2024
Foto dokumentasi 

Painan,fajarsumbar.com-BMKG Kabupaten Pesisir Selatan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam menyikapi Cuaca Ekstrim satu minggu kedepan.mulai dari tanggal 16 April sampai 22 April 2024.


Bupati Pessel Drs Rusma Yul Anwar M.Pd menghimbau agar seluruh perangkat daerah terkait untuk siap siaga dan mewaspadai cuaca ekstrim agar bisa mengantisipasi lebih dini kalau sewaktu waktu terjadi bencana alam yang tidak diinginkan.


"Kejadian banjir kemaren mengakibatkan terjadinya kelumpuhan ekonomi yang sangat luar biasa di hampir seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan dan sampai saat ini kita masih berusaha untuk melakukan pemulihan paska banjir dan tanah longsor kemarin,jadi kedepannya kita harus lebih waspada dan lebih bijaksana dalam pemberlakuan alam dengan lebih bijak "ungkapnya.


Cuaca Ekstrim tersebut bisa berupa hujan lebat, angin puting beliung, gelombang tinggi, tanah longsor dan banjir.


Kepala Stasiun BMKG Sumatera Barat Desindra Deddy Kurniawan melalui Press release mengatakan bahwa adanya potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan meningkatkan peluang kejadian cuaca ekstrim  yang dapat berdampak menjadi bencana hidrometeorologi di Sumatera Barat seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, petir/kilat,dan jalan licin.


"Dengan melihat kondisi tersebut perlu ditingkatkan kesiagaan terjadinya potensi bencana hidrometeorologi di Sumatera Barat,saya juga berharap agar masyarakat untuk selalu waspada dengan mengenal titik - titik rawan bencana , serta selalu mengikuti arahan dari petugas terkait kebencanaan untuk mengindari bencana yang tidak diinginkan "ungkapnya.


Sementara itu BPBD Kabupaten Pesisir Selatan bekerja sama dengan Nagari Siaga Bencana secara rutin selalu memberikan informasi dan arahan kepada masyarakat di masjid -masjid  dan di kantor Walinagari tentang bagaimana cara antisipasi dan tindakan apabila terjadi bencana alam.(Wandi).