Memeriksa Kesehatan Mobil Setelah Mudik Lebaran, Langkah Penting yang Perlu Dilakukan -->

Iklan Atas

Memeriksa Kesehatan Mobil Setelah Mudik Lebaran, Langkah Penting yang Perlu Dilakukan

Sabtu, 20 April 2024

Ini komponen mobil yang harus dicek usai mudik Lebaran 2024.


Jakarta – Lebih dari 35 juta orang menggunakan mobil pribadi untuk mudik Lebaran 2024. Setelah menempuh perjalanan jauh, penting untuk memeriksa kondisi mobil agar tetap dalam performa terbaik.


Menjaga kondisi mobil adalah hal krusial untuk memastikan tidak ada masalah setelah perjalanan panjang saat mudik, terutama saat melewati jalan berat dan tak terduga.


“Walau mudik Lebaran telah berakhir, jangan lupa periksa kondisi mobil karena perjalanan yang berat di jalan. Selain jarak yang jauh, durasi berkendara yang lebih lama karena kemacetan membuat mesin bekerja lebih keras,” ujar Kepala Divisi Pemasaran Auto2000, Nur Imansyah Tara, dalam keterangan resmi, dikutip pada Jumat (19/4/2024).


Diketahui, jutaan orang melakukan mudik menggunakan mobil pribadi, menyebabkan beberapa titik mengalami kemacetan parah. Di situasi ini, mesin mobil harus bekerja lebih keras karena terhenti dalam kemacetan berjam-jam.


Di kondisi normal saja mobil terkuras tenaganya, apalagi saat terjebak kemacetan parah. Ditambah, mobil hampir pasti penuh dengan penumpang dan barang bawaan, serta risiko hujan yang membuat mobil semakin bekerja keras.


Untuk itu, setelah melakukan perjalanan mudik, penting untuk memeriksa beberapa komponen penting agar tidak ada masalah besar yang mengganggu kinerja mobil, antara lain:


Ban Mobil

Periksa kondisi telapak ban dan segera ganti jika sudah aus. Perhatikan juga dinding ban untuk memastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek. Ban yang rusak bisa menyebabkan masalah serius jika diabaikan.


Kaki-kaki Mobil

Perhatikan apakah ada rembesan oli pada kaki-kaki mobil, gerakkan komponen kemudi dan suspensi untuk mengetahui kemungkinan masalah. Pastikan tidak ada kebocoran pada shock absorber dan periksa karet-karet penyangga yang mungkin sudah kering dan robek. Periksa juga ada tidaknya kebocoran pada selang rem dan kondisi kampas rem yang berfungsi paling berat untuk mengurangi laju mobil.


Cek Oli Mesin

Periksa tingkat oli mesin melalui dipstick dan pastikan tidak kurang. Oli mesin berfungsi untuk melindungi mesin dari gesekan antar komponen, membantu menyalurkan panas mesin, dan membersihkan kotoran yang dihasilkan dari gesekan. Perhatikan perubahan warna oli mesin, jika berubah coklat muda, itu bisa menandakan tercampurnya air.


Rem Bersih

Periksa volume cairan rem, warnanya, dan apakah ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpanannya. Volume cairan rem yang berkurang menunjukkan bahwa kampas rem mungkin sudah aus, namun juga perlu memastikan tidak ada kebocoran pada sistem rem.


Radiator Coolant Penuh

Pastikan tabung cadangan radiator coolant tidak kosong. Periksa kemungkinan kebocoran pada selang dan bagian radiator yang mungkin terkena kerikil selama perjalanan. Perhatikan juga warna radiator coolant, jika berubah atau keruh, itu perlu dikuras agar tidak menimbulkan masalah.


Periksa Cairan Lainnya

Cairan lain seperti minyak kopling untuk mobil manual, air aki, air pembersih kaca, oli transmisi, dan cairan power steering hidrolik juga harus diperiksa. Pastikan volumenya tidak berkurang dan tidak ada perubahan warna, yang bisa menandakan masalah yang perlu segera ditangani.


Bersihkan Kabin Mobil

Kabin mobil pasti akan kotor setelah mudik Lebaran, terutama jika membawa anak kecil. Gunakan vakum untuk membersihkan kotoran. Keluarkan karpet dan bersihkan seluruh bagian kabin, termasuk rongga dan celah, untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal.(BY)