Mendagri: "Awasi dan Kontrol Harga Komoditi" -->

Iklan Atas

Mendagri: "Awasi dan Kontrol Harga Komoditi"

Selasa, 30 April 2024
Rakor pengendalian harga melalui zoom metting dipimpin Mendagri Tito Karnavian.


Padang Panjang, fajarsumbar.com - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meminta kepada pemerintah ota untuk  mengawasi dan mengontrol harga setiap komoditas.


Hal ini disampaikan ketika Rakor pengendalian inflasi secara virtual. Dari Padang Ppanjang diikuti Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdako, Dra. Maini, Forkopimda dan perwakilan OPD terkait di balaikota setempat, Senin (29/4).


Pada Maret 2024 inflasi nasional berada pada angka 3,05%. Ini terjadi peningkatan dari 2,75 menjadi 3,05% yang merupakan imbas dari bulan Ramadan dan Idulfitri serta dari situasi global lainnya.


"Inflasi di Februari hingga Maret 2024 terjadi kenaikan sebesar 0,52%, walaupun saat ini inflasi daerah masih terkendali. Pemda diminta tidak lengah dan teruslah untuk mengawasi dan mengontrol perkembangan harga setiap komoditas pangan yang ada di daerah," ujar Tito.


Sementara itu, Maini mengatakan, Indeks Perkembangan Harga (IPH) sebagai proxy inflasi pada minggu keempat April 2024, Kota Padang Panjang mengalami penurunan.


"IPH kita berada pada angka -0.87. Ini sangat rendah. Komoditi penyumbangnya terdiri dari cabai merah, telur ayam ras dan beras yang mengalami penurunan," tuturnya.


Maini menyampaikan, sesuai arahan Mendagri pihaknya bersama OPD terkait akan terus mengawasi dan mengontrol harga komoditi-komoditi penyumbang pada inflasi ini. (syam)