Muhammad Tahir vs. Thom Haye, Dinamika Kualitas dan Harga dalam Dunia Sepakbola -->

Iklan Atas

Muhammad Tahir vs. Thom Haye, Dinamika Kualitas dan Harga dalam Dunia Sepakbola

Rabu, 03 April 2024

Harga pasar Muhammad Tahir kalah jauh dari Thom Haye.


Fajarsumbar.id - Perbandingan harga pasar antara Thom Haye dan Muhammad Tahir menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta sepakbola Indonesia. Nama gelandang PSBS Biak, Muhammad Tahir, kini tengah menjadi pusat perhatian.


Hal ini disebabkan oleh pernyataan gelandang berusia 30 tahun tersebut yang menyamakan kualitas antara pemain naturalisasi Timnas Indonesia dengan pesepakbola lokal. Dalam wawancara di channel YouTube Bicara Bola yang diselenggarakan oleh Akmal Marhali, Muhammad Tahir menyatakan bahwa kualitas pemain lokal dan naturalisasi adalah sama.


Bahkan, Muhammad Tahir optimis bahwa dalam pertandingan antara pemain lokal dan naturalisasi, pemain lokal-lah yang akan keluar sebagai pemenang.


"Kini terlalu banyak pemain naturalisasi di skuad Timnas Indonesia. Sungguh disayangkan kita mengadakan kompetisi di dalam negeri, namun apa gunanya?" ujar Muhammad Tahir seperti yang dikutip dari channel YouTube Bicara Bola.


"Kami hanya kalah dari mereka (pemain naturalisasi) karena mereka bermain di luar negeri, sedangkan kami bermain di dalam negeri. Itu saja perbedaannya. Kalau dari segi kualitas, kami setara dengan mereka. PSSI seharusnya mengadakan uji coba antara pemain lokal dan naturalisasi. Saya yakin kami bisa menang," tambahnya, mantan gelandang Persipura Jayapura.


Kehadiran pemain-pemain naturalisasi di Timnas Indonesia sejatinya telah meningkatkan kualitas permainan skuad Garuda. Banyaknya pemain naturalisasi di lini belakang membuat Timnas Vietnam kesulitan dan tidak mampu mencetak gol ke gawang Timnas Indonesia dalam tiga pertandingan berturut-turut.


Tak hanya itu, untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di Stadion My Dinh. Keberadaan pemain-pemain seperti Nathan Tjoe-A-On, Justin Hubner, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Thom Haye menjadi perbedaan signifikan dalam permainan Timnas Indonesia.


Mengenai Thom Haye, pesepakbola berusia 28 tahun tersebut beroperasi sebagai gelandang seperti Muhammad Tahir. Perbedaan harga pasar antara Thom Haye dan Muhammad Tahir dari sumber Transfermarkt menunjukkan bahwa kualitas keduanya tidak dapat disamakan.


Menurut data dari laman Transfermarkt, harga pasar Thom Haye saat ini mencapai Rp52,14 miliar, sedangkan Muhammad Tahir hanya memiliki harga pasar sebesar Rp2,13 miliar!(BY)