Penanganan Stunting di Kota Padang Berjalan Baik -->

Iklan Atas

Penanganan Stunting di Kota Padang Berjalan Baik

Senin, 15 April 2024
.


Padang - Upaya penanggulangan stunting di Kota Padang menunjukkan hasil yang menggembirakan.


Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang, Eri Sendjaya, penanganan stunting di Kota Padang saat ini berada dalam jalur yang tepat (on the track).


"Data terbaru menunjukkan bahwa dari 51 ribu balita yang telah diukur tinggi badannya berdasarkan usia, terdapat sekitar 2.000 anak yang menunjukkan gejala stunting. Angka ini setara dengan 4 persen dari total balita di Kota Padang," ujar Eri Sendjaya, Senin (15/4/2024).


Meskipun angka stunting masih ada, Eri Sendjaya optimis upaya penanggulangan yang dilakukan selama ini menunjukkan hasil yang positif.


Hal ini dibuktikan dengan penurunan drastis jumlah keluarga yang berisiko stunting.


Pada tahun 2022, tercatat 37 ribu keluarga di Kota Padang yang dikategorikan berisiko stunting. Namun, di tahun 2023, angka tersebut turun drastis menjadi 23 ribu keluarga.


"Penurunan ini menunjukkan bahwa upaya kita dalam menangani stunting melalui intervensi spesifik dan sensitif telah membuahkan hasil," jelas Eri Sendjaya.


Eri Sendjaya menambahkan pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya menurunkan angka stunting di Kota Padang hingga mencapai target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.


"Kami yakin dengan kerja sama semua pihak, target penurunan stunting di Kota Padang dapat tercapai," pungkasnya. (MC Padang/June)