Penelitian, Konsumsi Biji-bijian Utuh Menurunkan Risiko Penyakit Jantung pada Orang Tua -->

Iklan Atas

Penelitian, Konsumsi Biji-bijian Utuh Menurunkan Risiko Penyakit Jantung pada Orang Tua

Minggu, 28 April 2024

 

ilustrasi


Jakarta - Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Nutrition, konsumsi biji-bijian utuh dapat memberikan manfaat kesehatan bagi orang dewasa yang lebih tua. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa tiga porsi biji-bijian utuh sehari, seperti roti gandum, sereal gandum gulung, atau beras merah, dapat membantu menjaga pinggang lebih kecil, menurunkan tekanan darah, dan mengatur kadar gula darah.


Nicola McKeown, rekan penulis studi dari Nutritional Epidemiology Team di Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging di Tufts University di Boston, menjelaskan bahwa hasil penelitian ini menyoroti pentingnya biji-bijian utuh dalam menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit terkait.


Studi ini didasarkan pada data dari studi kesehatan populasi di Framingham yang dimulai sejak tahun 1948, melibatkan lebih dari 3.100 peserta. Hasilnya menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit biji-bijian utuh cenderung memiliki peningkatan lingkar pinggang, tekanan darah, dan gula darah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih banyak biji-bijian.


Meskipun konsumsi biji-bijian utuh terkait dengan peningkatan kadar HDL darah (kolesterol baik) dan trigliserida, peningkatannya tidak signifikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pentingnya biji-bijian utuh dalam makanan untuk menjaga kesehatan orang dewasa yang lebih tua.(des)