Pertemuan Sengit, Timnas Uzbekistan U-23 Waspada Hadapi Debutan Indonesia U-23 -->

Iklan Atas

Pertemuan Sengit, Timnas Uzbekistan U-23 Waspada Hadapi Debutan Indonesia U-23

Senin, 29 April 2024
Pemain timnas Indonesia U-23 Komang Teguh Trisnanda (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Australia pada pertandingan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha.


Jakarta - Umarali Rakhmonaliev, pemain dari timnas Uzbekistan U-23, mengakui potensi yang dimiliki oleh tim debutan, Indonesia U-23, menjelang pertemuan kedua tim di semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullagh bin Khalifa, Doha, pada Senin pukul 21.00 WIB. Rakhmonaliev, yang berusia 20 tahun, mengungkapkan kewaspadaannya terhadap kualitas tim Indonesia yang berhasil melaju ke semifinal setelah mengalahkan juara bertahan Korea Selatan dalam adu penalti 11-10, setelah pertandingan berakhir imbang 2-2 selama 120 menit pada Jumat (26/4) lalu.


Indonesia, dengan enam pemain yang bermain di luar negeri, termasuk Pratama Arhan (Suwon FC), Justin Hubner (Cerezo Osaka), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Nathan Tjoe (SC Heerenveen), dinilai memiliki kekuatan yang patut diwaspadai oleh Rakhmonaliev.


"Indonesia memiliki skuad yang kuat dan keberhasilan mereka melawan Korea Selatan menunjukkan itu," ujar Rakhmonaliev seperti yang dikutip dari situs resmi AFC pada hari Senin.


Dia menambahkan, "Mereka adalah tim muda yang sedang berkembang, dan kami telah melakukan analisis terhadap mereka. Kami siap menghadapi pertandingan yang sulit."


Meskipun demikian, Rakhmonaliev menegaskan bahwa timnya siap dengan percaya diri menghadapi tim asuhan Shin Tae-yong, terutama setelah mereka berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0 dalam pertandingan perempat final.


Kemenangan melawan Arab Saudi membuat Uzbekistan menjadi satu-satunya tim yang mempertahankan rekor sempurna dalam empat pertandingan di Piala Asia U-23 2024 dan menjadi satu-satunya tim yang melaju ke semifinal dalam empat turnamen berturut-turut.


"Kami sangat senang berada di sini, dan kami siap untuk pertandingan penting besok," kata pemain yang mencetak gol kedua dalam pertandingan melawan Arab Saudi.


"Pertandingan terakhir kami memberikan motivasi besar bagi kami. Namun, kami perlu menjaga emosi dan energi kami untuk pertandingan mendatang, dan saya yakin kami memiliki motivasi yang cukup untuk pertandingan besok," tambahnya.


Rakhmonaliev, yang bermain untuk klub Rubin Kazan di Rusia, merupakan salah satu dari beberapa pemain dalam tim Uzbekistan yang memiliki pengalaman bermain di luar negeri, bersama dengan Abdukodir Khusanov (Lens), Ibrokhimkhalil Yuldoshev (Kairat), dan Abbosbek Fayzullaev (CSKA Moscow).


"Liga Rusia telah memberi saya banyak pengalaman dan perkembangan sebagai pemain, dan saya senang bisa berbagi pengalaman itu dengan rekan satu tim saya di timnas," kata gelandang itu.(des)