Presiden Jokowi Tunjuk Pengganti Baru untuk Kepala Staf Angkatan Udara -->

Iklan Atas

Presiden Jokowi Tunjuk Pengganti Baru untuk Kepala Staf Angkatan Udara

Selasa, 02 April 2024

Presiden Jokowi menunjuk Marsdya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani keputusan terkait pemberhentian Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang memasuki masa pensiun.


Dalam langkah tersebut, Presiden mengangkat Marsekal Madya (Marsdya) TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai pengganti baru KSAU. Aturan mengenai pemberhentian dan pengangkatan tersebut tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2024.


"Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024, tanggal 25 Maret 2024, menetapkan pemberhentian Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU dengan hormat," ungkap Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangannya, Selasa (2/4/2024). "Serta, pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU baru," tambahnya.


Ari juga menjelaskan bahwa keputusan ini akan berlaku setelah dilakukannya pelantikan KSAU yang baru dalam waktu dekat. "Keppres akan efektif sejak pelantikan yang direncanakan akan dilaksanakan dalam waktu dekat," katanya.


Sebelumnya, Marsekal Fadjar dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai KSAU pada 20 Mei 2020, menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Penunjukan Fadjar Prasetyo sebagai KSAU berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 33/TNI/Tahun 2020.


Fadjar Prasetyo memiliki pengalaman yang luas di dalam Angkatan Udara, termasuk pengalaman sebagai pilot penerbang pesawat angkut. Karir militernya juga mencakup jabatan-jabatan strategis seperti Dan Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma, Pangkoopsau II, dan Pangkoopsau I. (des)