Puncak Arus Balik Lebaran, Terminal Bus Kalideres Terima 6.000 Penumpang Hari Ini -->

Iklan Atas

Puncak Arus Balik Lebaran, Terminal Bus Kalideres Terima 6.000 Penumpang Hari Ini

Selasa, 16 April 2024

Arus Balik Lebaran 2024


Fajarsumbar.id - Terminal Bus Kalideres memperkirakan lonjakan penumpang puncak arus balik akan terjadi pada H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 yang bertepatan dengan hari Senin ini. Diprediksi sekitar 6.000 orang penumpang akan tiba, mayoritas berasal dari Jawa dan Sumatera.


Revi Zulkarnain, Kepala Satuan Pelaksana Terminal Kalideres, menyatakan, "Hari ini merupakan puncak arus balik, karena besok kebanyakan orang akan kembali bekerja setelah cuti bersama. Diperkirakan sekitar 6.000 orang lebih akan tiba sebelum pukul 24.00 WIB malam ini."


Hingga pukul 14.00 WIB, Terminal Bus Kalideres telah menerima kedatangan sebanyak 2.805 orang penumpang. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Palembang, dan Lampung.


Jumlah kedatangan penumpang ini mengalami peningkatan dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Pada H+3 (Minggu, 14/4), sebanyak 1.489 orang tiba, diikuti oleh H+2 (Sabtu, 13/4) dengan 2.147 penumpang, dan H+1 (Jumat, 12/4) dengan 516 penumpang.


Meskipun demikian, tidak terjadi kepadatan penumpang di Terminal Bus Kalideres karena sebagian besar penumpang langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum atau dijemput oleh kerabat.


Berbeda dengan saat arus mudik, dimana banyak penumpang menunggu kedatangan bus di Terminal Kalideres.


Revi juga mengimbau kepada penumpang untuk tidak turun di luar terminal demi keamanan mereka. Terminal telah menyiapkan posko pengamanan terpadu bekerja sama dengan kepolisian, TNI, Satpol PP, Senkom, dan pramuka, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang baik di dalam maupun di sekitar terminal.(BY)