Sabet Skor SKM Maksimal, Namun Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Belum Puas -->

Iklan Atas

Sabet Skor SKM Maksimal, Namun Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Belum Puas

Kamis, 18 April 2024
Wal Asri 


Payakumbuh, fajarsumbar.com - Sebanyak 4 orang mahasiswa ditugasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dari universitas Andalas (Unand) Padang beberapa hari kedepan akan melakukan penilaian dan penelusuran beberapa OPD di Kota Payakumbuh.


Tampak di ruang pelayanan publik dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tim penilai ini sibuk mewawancarai masyarakat yang menerima layanan adminduk di Disdukcapil yang saat ini dikomandoi Wal Asri.


"Kami adalah utusan dari LPPM Unand yang ditunjuk langsung melakukan penilaian dan Survei indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan lembaga pemerintah. Sebelumnya, LPPM universitas Andalas Padang sudah mengirimkan surat kepada kantor yang memang telah menjadi sasaran penilaian,"terang Aulia diamini rekannya, Kamis (18/04/2024) siang.


Menurut Aulia, Survei ini adalah untuk melihat angka kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diselenggarakan oleh dinas atau instansi pemerintah. Mulai dari penerimaan informasi, kecakapan petugas serta jarak waktu penyelesaian berkas dari penerimaan sampai selesai.


"Alhamdulillah, Disdukcapil sampai hari bagus secara tanggapan dari masyarakat yang mengakses layanan,"ujar Nisa rekan Aulia.


Tim LPMP Unand ini akan mendatangi lokus pelayanan yang telah ditentukan, untuk jadwal tidak ditentukan, bisa paginya disini (Dukcapil). Ataupun bisa di Puskesmas dan dinas-dinas yang ada di bawah Pemerintahan Kota Payakumbuh. Untuk penilaian ini tidak bisa ditentukan targetnya. Tim berharap kepada seluruh instansi yang menyediakan pelayanan langsung kemasyarakatan, bisa menjadikan evaluasi perbaikan apabila selama ini ada kekurangan.


Sementara, Kadis Dukcapil Wal Asri saat ditemui di ruangannya menyatakan organisasinya selalu siap dilakukan penilaian. Menurutnya, tim yang dinaunginya sudah bekerja sesuai dengan SOP pelayanan.


"Secara data yang diterima dari hasil penilaian tahun ke tahun telah terjadi peningkatan, seperti tahun 2022 Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang dikeluarkan oleh lembaga survei LPPM Unand 94,028. Dan Tahun 2023 bertambah menjadi 96,25. Artinya, kalau dilihat dari grafik terjadi peningkatan kepuasan masyarakat terhadap layanan yang diberikan oleh Dinas yang kami pimpin,"paparnya.


Namun terlepas semua itu, imbuh Wal Asri. Kami menilai masih ada sekitar 3,75 persen lagi masyarakat yang belum puas  atau kurang puas," Tukas Wal Asri.


Kadis Wal Asri menghimbau kepada seluruh masyarakat yang akan mengakses pelayanan di Disdukcapil nantinya, apabila menemukan atau mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan harapan, mohon berikan masukan kepada kami agar dapat menjadi perbaikan.


"Asalkan persyaratan lengkap dan Jaringan server tidak bermasalah, insyaallah seluruh layanan akan terselesaikan secara cepat paling lama satu hari. Sesuai SOP yang telah ada" tutup Kadis Wal Asri.(ul)