Sedan Listrik Premium Stelato S9, Pesaing Mercedes S-Class dan Audi A8L -->

Iklan Atas

Sedan Listrik Premium Stelato S9, Pesaing Mercedes S-Class dan Audi A8L

Senin, 29 April 2024

Stelato S9.


BEIJING – Stelato, mobil listrik hasil kolaborasi antara raksasa teknologi Huawei dan BAIC, memperkenalkan Stelato S9 di Beijing Motor Show atau Pameran Otomotif Internasional Beijing pekan lalu. Mobil listrik mewah ini dirancang sebagai sedan untuk segmen pasar mobil listrik premium.


Menurut laporan dari Gizmochina, Stelato dimiliki bersama oleh Huawei dan BAIC BluePark. BluePark merupakan divisi kendaraan listrik (EV) dari Beijing Automotive Group.


Stelato S9 adalah sedan listrik yang elegan dengan beragam fitur yang cocok untuk segmen harga kelas atas, dengan ruang kabin yang luas mencapai 3.460mm untuk kenyamanan maksimal. Mobil mewah ini akan menjadi pesaing potensial bagi Mercedes S-Class, Audi A8L, dan BMW 7 Series.


Tersedia dua versi dari model Stelato S9 – satu dengan satu motor di bagian belakang yang menghasilkan daya maksimum 227kW dan opsi lainnya dengan dua motor, termasuk motor depan tambahan yang menghasilkan daya maksimum 158kW. Total output tenaga dari versi dengan dua motor belum diumumkan namun diperkirakan mencapai 385kW.


Stelato S9 dilengkapi dengan kaca spion digital dan velg multi-spoke berukuran 21 inci. Dimensinya adalah 5.160 x 1.987 x 1.486 mm dengan jarak sumbu roda sepanjang 3.050 mm. Mobil listrik ini menggunakan teknologi baterai Li-ion ternary dan Li-ion ternary + lithium iron mangan phosphate yang dikembangkan oleh CATL. Kapasitas baterai untuk model ini belum diumumkan tetapi diharapkan memiliki jangkauan yang memadai sebagai mobil premium.


Huawei-BAIC Bluepark Stelato S9 EV dijadwalkan akan tersedia di pasar China sekitar bulan Juli atau Agustus 2024 sesuai pabrikannya. Harga perkiraan awal untuk model ini berkisar antara 300.000 yuan (sekitar Rp673 juta) hingga 500.000 yuan (sekitar Rp1,1 miliar).


Namun, hingga saat ini belum ada informasi apakah Stelato S9 akan dipasarkan di negara lain.(BY)